• 1

Rokok dan Alkohol Bisa Bikin Cepat Tua

Rokok dan Alkohol Bisa Bikin Cepat Tua


PENUAAN DINI (COVER)

Penuaan tidak bisa dihindari tapi bisa diperlambat (Foto: Thinkstock)
Mengkonsumsi minuman keras dan merokok aktif merupakan kebiasaan buruk yang merusak kesehatan. Berbagai penyakit berbahaya seperti kanker paru-paru dan masalah jantung pun mengintai kamu.
Namun, merokok dan rutin menenggak alkohol tak hanya dapat menimbulkan masalah kesehatan, lho. Dua kebiasaan buruk ini bisa menyebabkan penuaan dini, alias tua sebelum waktunya.
Hal ini dikemukakan langsung oleh Journal of Epidemiology & Community Health di Copenhagen. Kelompok riset ini memaparkan informasi kesehatan yang melibatkan 11 ribu penduduk Copenhagen.
Semua partisipan diminta memberi informasi lengkap soal pola makan, kebiasaan minum, dan merokok yang biasa mereka lakukan selama 27 tahun. Setelah itu, mereka diwajibkan mengikuti sejumlah tes kesehatan untuk mengukur gejala penyakit jantung dan penuaan yang dialami.

Ilustrasi rokok.

Ilustrasi rokok. (Foto: REUTERS/Eric Gaillard)
Dan hasilnya?
Mereka yang merokok dan mengkonsumsi alkohol mengalami tanda penuaan yang lebih ekstrim dibanding yang tidak. Gejala yang tampak berupa lingkaran abu-abu pada kornea mata, lipatan daun telinga, flek pada kelopak mata, dan kebotakan pada pria.
Dilansir Instyle, gejala ini dikaitkan dengan kondisi kesehatan yang buruk yang bisa saja menuntun pada penyakit kronis lainnya, seperti penyakit jantung.
“Kami ingin mempelajari sebuah studi dari tanda-tanda penuaan. Karena hal itu dapat menentukan seberapa panjang rata-rata hidup seseorang,” kata Janne Tolstrum, dari National Institute of Public health dari University of Southern Denmark.
Menurut riset yang sama, perempuan yang mengkonsumsi alkohol hingga 28 botol setiap minggunya, memiliki 33 persen kemungkinan untuk memiliki mata dengan warna keabu-abuan disekitar cincin kornea mata, dibandingkan dengan perempuan yang hanya minum sedikit.

Alkohol dapat menyumbat pembuluh darah.

Alkohol dapat menyumbat pembuluh darah. (Foto: Thinkstock)
Hal serupa juga terjadi pada laki-laki. Konsumsi alkohol berlebihan dapat menimbulkan risiko terjadinya lipatan pada daun telinga 26-36 persen lebih besar dari yang meminum dalam kadar normal.
Begitu pula dengan kebiasaan merokok yang aktif, penuaan dini dapat terlihat lebih jelas. Satu-satunya indikator penuaan yang tidak terlalu jelas adalah kebotakan pada laki-laki, karena bisa disebabkan oleh faktor genetik.
“Apa yang menarik dari hasil riset ini adalah, kita dapat melihat dampak penuaan tersebut dari mata, contohnya, dengan sangat cepat, sedangkan hal seperti darah tinggi atau kolestrol harus melakukan berbagai tes terlebih dulu,” ujarnya lagi.
Bagaimana menurutmu?

LifestyleHealthKesehatanRokokMinuman Keras

500

Baca Lainnya




}