• 0

Rumah Jomblo, Destinasi Wisata Favorit Milenial di Banjarbaru

Rumah Jomblo, Destinasi Wisata Favorit Milenial di Banjarbaru


Rumah Jomblo, Banjarbaru, Kalimantan Selatan

Rumah Jomblo, Banjarbaru, Kalimantan Selatan. (Foto: Instagram @denny_christar.74553)
Warga Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, punya objek wisata yang unik dan lain daripada yang lain.
Adalah Rumah Jomblo, sebuah rumah berdinding kayu sederhana yang dibangun di atas puncak tebing. Posisinya yang menjulang seorang diri membuat rumah ini akhirnya dijuluki sebagai Rumah Jomblo.
Dari segi penampilan, sama sekali tidak ada yang spesial dari Rumah Jomblo. Bahkan, rumah sepetak ini tampak tidak terawat dan terbengkalai. Semua karena sifatnya yang kosong tak berpenghuni.
Faktor utama yang menjadikan Rumah Jomblo populer dikalangan wisatawan milenial adalah posisinya yang unik, sehingga tampak menarik saat difoto.
Rumah Jomblo yang dibangun tepat di atas tebing tanah ini amat fotogenik dan sempurna untuk dijadikan sebagai tempat berfoto. Traveler kerap mengambil foto dari bawah tebing untuk menampilkan lanskap keseluruhan.
Keunikan Rumah Jomblo sebagai lokasi berfoto didukung oleh suasana sekitar yang sepi dan tenang. Alhasil, foto tampak ‘bersih’ dan sangat artistik.
Rumah Jomblo ini juga disebut sebagai Rumah Satu atau Rumah Sangkut. Menurut warga setempat, rumah ini berdiri sejak 2008 dan mulanya dibangun sebagai tempat peristirahatan tukang yang menggali tanah sekitar untuk dijadikan perumahan.
Rumah ini tampak semakin cantik kala sore menjelang. Cahaya sunset membuat siluet rumah makin indah untuk dipandang mata.
Sejatinya, rumah ini sempat hancur tersapu angin puting beliung pada akhir Oktober 2017. Sontak, warganet dan penduduk sekitar merasa kecewa dan kehilangan. Untungnya, Rumah Jomblo kembali dibangun tak lama kemudian.
Sengaja dibuat mirip, pihak pengelola memilih material kayu yang lebih kuat agar ikon Banjarbaru ini semakin kokoh.

Saat dulu, Rumah Jomblo tak memililki tangga untuk naik ke bangunannya. Tapi Rumah Jomblo versi baru, dilengkapi tangga pada dua sisi tebing. Tangga ini memperkaya estetika dan sudut pengambilan gambar bagi wisatawan yang berkunjung.
Tertarik untuk singgah ke Rumah Jomblo Banjarbaru?
Rumah Jomblo amat mudah ditemukan, karena terletak tak jauh dari jalan raya di kecamatan Cempaka. Tempat ini terletak tepat di belakang komplek perumahan Perum Graha Praja Idaman.
Sebaiknya, jangan datang sendirian. Karena kamu akan kesulitan berfoto, sebab Rumah Jomblo hanya tampak bagus ketika difoto dari jarak jauh.

TravelPariwisataUnikKalimantan Selatan

presentation
500

Baca Lainnya