kumparan
search-gray
Woman28 Agustus 2017 13:04

Tips Memesan Hotel Dadakan dengan Harga Murah

Konten Redaksi kumparan
Tak ada cara yang lebih baik untuk melarikan diri dari segala rutinitas dibanding berlibur. Entah hanya kabur sejenak untuk bermalam di Bandung, atau malah menghabiskan cuti panjang dengan berlibur ke Bali, Raja Ampat, hingga ke luar negeri sekalipun. Setelah berlibur, tubuh dan pikiran akan kembali rileks. Merasa segar, kamu pun siap untuk kembali bekerja dan melakukan segala rutinitas.
ADVERTISEMENT
Setiap kali berlibur atau traveling kemanapun, biasanya kamu akan merogoh kocek paling dalam untuk kamar hotel alias penginapan. Setuju?
Berbeda dengan tiket pesawat yang harganya dinamis dan fluktuatif, harga kamar hotel cenderung stabil. Untuk mendapat tiket pesawat dengan harga terbaik, mungkin kamu bisa dengan mudah menyiasatinya dengan memesan tiket jauh-jauh hari. Lalu, bagaimana dengan kamar hotel?
Apakah kamu bisa mendapatkan kamar dengan harga lebih murah dibanding biasanya?
Tentu saja bisa. Hanya saja, kamu harus pandai-pandai menyiasati hal ini. Saat ini kita semua begitu dimanjakan dengan hadirnya begitu banyak situs agen travel online dengan promo menarik. kumparan (kumparan.com) memiliki sejumlah tips bagaimana caranya memesan kamar hotel dengan harga murah. Seperti apa?
ADVERTISEMENT
1. Pesan Online di Pagi Hari
Booking kamar hotel
Booking kamar hotel (Foto: Thinkstock)
Tak ada salahnya mengecek dan membandingkan rate kamar hotel sebelum memesannya. Terlebih, pihak ketiga (situs agen travel online) sering memberi harga spesial yang belum tentu bisa kamu dapatkan jika memesan kamar lewat lobby hotel.
Saat memesan secara online, biasanya harga kamu bisa menemukan harga kamar lebih murah pada pagi hari. Kuncinya: rajin-rajin membandingkan harga!
Namun jika kamu tak punya waktu browsing dan terpaksa memesan di lobby hotel, ada satu rahasia yang wajib kamu ketahui. Kamu bisa mendapatkan harga kamar dengan potongan hingga setengah harga atau 50%, jika memesannya langsung di atas pukul enam sore.
Hal ini terhitung 'top secret' dan tak semua orang mengetahuinya. Namun besarnya potongan harga tergantung kebijakan masing-masing hotel.
ADVERTISEMENT
2. Tidak Perlu Booking Jauh-jauh Hari
Booking kamar hotel
Booking kamar hotel (Foto: Thinkstock)
Untuk memastikan ketersediaan kamar, perlukah melakukan booking kamar jauh-jauh hari sebelumnya? Jawabannya: tidak selalu.
Yang perlu kamu perhatikan hanyalah waktu alias timing liburan. Jika kamu mendadak ingin berlibur di hari biasa alias low-season, kamu tak perlu khawatir soal ketersediaan kamar.
Selain itu, kamu juga harus memerhatikan kota tujuan serta lokasi hotel. Jika kamu pergi ke kota wisata seperti Bandung, Bali, atau Yogyakarta, maka potensi kamar penuh akan meningkat.
Jika lokasi hotel terletak di pusat kota atau keramaian, maka tak ada salahnya menelepon langsung ke resepsionis untuk memastikan ketersediaan kamar sebelum kamu tiba di sana.
3. Pertimbangkan Booking Hotel Dadakan di Bulan-bulan Ini
Trik booking kamar hotel
Trik booking kamar hotel (Foto: Thinkstock)
Kamu wajib mempertimbangkan perilaku 'booking dadakan' ini ketika hendak berlibur pada musim high dan peak season. Seperti libur sekolah (Juni-Juli), tanggal merah (long weekdend), Lebaran, Desember (Natal dan Tahun Baru), dan awal Januari.
ADVERTISEMENT
Di musim ini, tarif tiket pesawat dan kamar hotel bisa melonjak tajam hingga 250%. Jadi, kumparan (kumparan.com) sama sekali tak menyarankan kamu untuk melakukan booking dadakan. Karena risiko tak kebagian kamar juga sangat tinggi.
Untuk amannya, mungkin kamu bisa coba mencari alternatif dengan menyewa penginapan lain, seperti apartemen atau vila. Namun hal ini hanya tepat kamu lakukan jika hendak berlibur bersama keluarga besar atau geng sahabat, agar harganya terasa lebih murah.
Namun, jika kamu masih bingung menemukan harga hotel murah untuk liburanmu, percayakan saja semuanya pada Tiket.com sebagai partner perjalanan. 6 tahun sudah Tiket.com hadir sebagai online travel agent yang memberikan kemudahan perjalanan dan liburan untuk masyarakat Indonesia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white