kumparan
16 Jan 2019 17:55 WIB

Optimis Seluruh Sekolah di Tuban Ikuti UNBK 2019

SuaraBanyuurip.com - Hidayatul Khoiriyah
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Nur Khamid.
ADVERTISEMENT
Tuban - Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Jawa Timur, optimis seluruh sekolah di wilayahnya dapat melaksanakan ujian nasional berbasis komputer atau UNBK 2019.
Lembaga plat merah yang mengurusi masalah pendidikah itu akan mengupayakan memberikan bantuan komputer. Namun apabila kurang maksimal masih ada upaya lain seperti meminjam.
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Nur Khamid, saat dikonfirmasi suarabanyuurip di ruangannya, menjelaskan pada tahun 2018 lalu, hanya tinggal 13 SMP yang belum dapat maksimal melaksanakan UNBK.
"Tahun ini Insyallah bisa lakukan UNBK secara menyeluruh," ujar pelatih Cabor Gulat di Bumi Wali, Rabu (16/1/2019).
Pihaknya lebih banyak membantu di server terutama menyiapkan teknisi untuk melakukan penanganan apabila terjadi masalah teknis. Sekalipun kemungkinan terjadinya masalah terkait server tidak begitu besar, sebab UNBK tidak seluruh prosesnya dilakukan secara On-line.
ADVERTISEMENT
"Yang on-line itu download soal dan pengiriman jawaban saja. Kalau mengerjakan tidak on-line, jadi kemungkinan terjadi masalah di waktu pengerjaan sangat kecil," imbuhnya. 
Terkait UNBK yang bakal diajukan Maret 2019 mendatang oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Dinas Pendidikan telah mengimbau kepada seluruh sekolah untuk menyiapkan soal latihan bersistem Higher Order Thinking Skills (HOTS), sehingga siswa lebih siap menghadapi UN tahun 2019.
"Paling tidak 15% soal bersistem HOTS," tandas mantan Sekdis Pendidikan Tuban
Di kabupaten dengan penduduk 1,3 juta jiwa, memiliki 81 SMP/MTS di tahun 2017/2018. Untuk keseluruhan SMP/SMA/MAK ada 282 lembaga. (hida)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan