kumparan
17 Apr 2019 20:56 WIB

Rencana Kasasi Pertamina Dianggap Percaya Diri

DITOLAK : Lahan pertanian di Desa Remen, yang rencananya dibebaskan Pertamina untuk pembangunan Kilang Tuban.
ADVERTISEMENT
SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia
Tuban - Rencana Pertamina melakukan kasasi ke Makamah Agung atas pembatalan penetapan lokasi (Penlok) Kilang New Grass Root Refinery (NGGR) oleh Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Surabaya ditanggapi dingin kuasa hukum warga Wadung dan Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Soewarto Darmandi.
Mantan Jaksa itu menganggap Pertamina terlalu percaya diri. Undang-undang Nomor 2 tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum yang digunakan sebagai dasar pembebasan lahan Kilang Tuban, tidak sesuai.
"Dasar itu tidak sesuai. Kilang yang akan dibangun bukan termasuk kegiatan hulu migas, jadi tidak masuk dalam UU No2 tahun 2012," tandas Mbah Warto, sapaan akrabnya, kepada suarabanyuurip.com melalui telepon genggamnya, Selasa (16/4/2019).
ADVERTISEMENT
Dia juga menilai jika program tanggungjawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) yang digelontorkan Pertamina kepada warga sekitar rencana lokasi pembangunan Kilang Minyak sia-sia.
"Itu tindakan yang nggege mongso," kata Mbah Warto sapaan akrabnya, kepada suarabanyuurip.com, Selasa (16/4/2019).
Dikonfirmasi terpisah, Unit Manager Communication and CSR MOR V Jatimbalinus Pertamina, Rustam Aji, mengakui jika saat ini belum ada pembebasan lahan untuk pembangunan Kilang Tuban.
"Kemarin itu baru penlok yang dikeluarkan Pemrov Jatim," sambungnya dikonfirmasi terpisah.
Namun demikian, Rustam menjelaskan mekanisme yang akan diberikan kepada warga nantinya tergantung hasil negosiasi ke pemilik lahan.
"Bisa berupa pembelian lahan, relokasi, atau mekanisme lain," tuturnya.
Progran CSR yang diberikan, kata Rustam, merupakan salah satu bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap seluruh pemangku kepentingannya. Diantaranya adalah konsumen, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan.
ADVERTISEMENT
Di Tuban sendiri, lanjut dia, terdapat operasional Pertamina seperti Terminal BBM Tuban, dan beberapa titik pemboran migas.
Sedangkan untuk persiapan tenaga kerja Kilang Tuban, tambah Rustam, Pertamina bekerja sama dengan pemerintah daerah memberikan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat, khususnya yang berada di sekitar rencana lokasi kilang minyak.(rien)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan