kumparan
14 Jan 2019 21:20 WIB

Ujian Nasional 2019 Dimajukan, Sekolah di Tuban Siapkan HOTS

SuaraBanyuurip.com - Hidayatul Khoiriyah
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Nur Khamid.
ADVERTISEMENT
Tuban - Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah memutuskan jadwal pelaksanaan Ujian Nasional atau UN 2019 pada Maret 2019 mendatang. Jadwal tersebut maju satu bulan dari tahun sebelumnya, karena pertimbangan berdekatan dengan Bulan Ramadhan.
 Terkait diajukannya jadwal tersebut, Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Jawa Timur, mengaku belum menerima pemberitahuan dari provinsi atau pusat maupun rembuk nasional terkait hal tersebut. 
"Kami masih menunggu dari pusat terkait hal ini," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Nur Khamid kepada suarabanyuurip.com di ruangannya, Senin (14/1/2019).
Pria ramah ini belum dapat berkomentar selama belum ada pemberitahuan resmi pelaksanaan ujian nasional 2019 dari pusat, karena instansi membutuhkan pemberitahuan tertulis.
"Harus ada hitam di atas putih untuk pemberitahuannya," ucapnya.
ADVERTISEMENT
Kendati demikian, lembaga yang menaungi SMP/SD/TK sederajat bakal tetap melakukan persiapan menjelang ujian nasional 2019 sama seperti tahun sebelumnya. Karena ujian nasional merupakan kegiatan tahunan. 
Mantan Sekdis Pendidikan Tuban mengimbau, agar sekolah segera mempersiapkan diri dengan memberikan soal-soal latihan dengan sistem Higher Order Thinking Skills (HOTS), yakni dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
"Ini untuk menyiapkan siswa siap menghadapi soal sistem HOTS. Sehingga tidak kaget dan memberikan hasil yang baik," pungkas pelatih Cabor Gulat di Bumi Wali. (hida) 
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan