kumparan
6 September 2019 16:34

Menjadi Ayah yang Baik

Dulu ketika saya masih kecil dalam bayangan saya seorang Ayah adalah sosok yang yang selalu diingat karena wibawanya, biasanya seorang Ayah akan menjadi tegas dalam hal mendidik dan membuat aturan dalam rumah, suka marah dan sangat disiplin soal main. Namun disamping itu Ayah juga bisa berperan seperti sahabat bagi anak-anaknya dikala anaknya membutuhkan teman bermain dan bercerita.
ADVERTISEMENT
Ayah saya sering mengajak saya ketika ia bekerja, atau pergi ke tempat sanak dan temannya. Memang ada baiknya jika para anak cenderung dekat dan bersahabat dengan orang tuanya, agar mereka tak mudah terpengaruh dengan lingkungan buruk yang mungkin mereka temui diluar sana.
Ayah adalah seorang yang tegar, meski kadang saya lihat airmatanya tak bisa di bendung. Mungkin terlalu berat beban di pundaknya sehingga airmatanya pun tak mampu ia tahan.
Menjadi Ayah yang baik menurut islam tentu erat kaitannya dengan masalah agama, Ayah yang baik akan memberi didikan baik yang membawa kebaikan bagi anak-anaknya. Disamping itu sebelum kita menginginkan untuk memiliki anak-anak yang berakhlaq mulia, tentunya seorang Ayah juga harus terlebih dahulu memberi contoh dari akhlaq mulia tersebut, karena biasanya anak-anak yang sholeh tercipta dari didikan orang tua yang sholeh juga.
ADVERTISEMENT
Seorang Ayah berkewajiban memberikan kasih sayang, pendidikan, perhatian serta bimbingan kepada anak-anaknya. Ada baiknya seorang laki-laki tahu apa saja hak dan kewajiban dari seorang Ayah, jauh sebelum mereka menikah dan memiliki anak.
Hampir setiap pria pasti ingin dicintai dan disayangi oleh anak-anaknya, salah satu cara agar Ayah bisa menjalin kedekatan dengan anaknya adalah dengan memiliki hati yang lembut, sosok yang tidak mudah berlaku kasar, penuh wibawa, berhati lembut namun tetap disegani oleh anak-anak.
Pun untuk menjadi teladan yang baik bagi anak, seorang Ayah harus menjalankan perannya dengan berprilaku baik mulai dari sifat dan kebiasaannya agar bisa menjadi contoh untuk anak-anaknya. Biasanya seorang anak akan lebih mudah mencontoh dari pada disuruh dan didikte, jadi berikanlah contoh-contoh yang baik agar anak dapat meniru kebaikan tersebut.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan