kumparan
2 Jun 2018 3:55 WIB

Perusahaan Rintisan Masih Bakar Duit?

Minggu lalu saya ngobrol dengan salah satu CEO Ecommerce besar di Indonesia. Dia bilang semua Ecommerce masih bakar duit, kerek value perusahaan tinggi-tinggi percantik dengan marketing promotion, dapat investor baru yang kaya, bakar duit lagi.
ADVERTISEMENT
Kerek lagi tinggi tinggi, Unicorn-nya didandanin biar tambah cakep, berharap ada investor khilaf lainnya yang mau invest. Trus dibedakin lagi, kerek lagi, bakar duit lagi. Sampai satu titik dimana semua sadar yang dikerek adalah sangkar emas yang kosong.
Para startup mengikuti Unicorns. Berbagai tips and trick membangun Traction untuk menarik potential investor dibahas. Ada yang berhasil gaet investor, banyak juga yang gagal. Yang berhasil mendadak tenar dan berbagi kisah sukses di berbagai seminar.
Yang gagal, berhitung lagi, mecahin celengan. Bentuk lagi team dengan talenta terbaik. Riset lagi, bikin lagi produk yang kira-kira disukai pengguna pada timing yang tepat.
Akankah tren ini akan mengulang kisah perusahaan dotcom di awal 2000an? Tak ada yang tahu. Semoga tidak. #investments #startups #startupventures #ecommerce
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan