kumparan
KONTEN PUBLISHER
23 Januari 2020 8:54

Besi Penyangga Patah, Lantai Jembatan Cibuni Cidadap Sukabumi Bolong

17.jpg
Lantai Jembatan Cibuni di Desa Cidadap, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi bolong akibat besi penyangganya patah. | Sumber Foto:Ragil Gilang
SUKABUMIUPDATE.com - Jembatan Cibuni di Kampung Cipanas, Desa Cidadap, Kabupaten Sukabumi, dalam kondisi mengkhawatirkan. Lantai jembatan diganti dengan balok kayu dari batang pohon kelapa. Padahal jembatan dengan panjang 72 meter dan lebar empat meter yang dibangun sekitar tahun 1975 merupakan penghubung Kabupaten Sukabumi dengan Kabupaten Cianjur.
ADVERTISEMENT
Selain lantai dari batang pohon kelapa, sebagian rangka jembatan pun sudah patah dan usang. "Memang benar kondisi Jembatan Cibuni mengalami ambruk pada lantai jembatannya, karena besi penyangga dari sambungannya mengalami patah," ujar Relawan BPBD Kecamatan Cidadap, Husni Mubarak, kepada sukabumiupdate.com, Rabu (22/1/2020).
Menurut Husni, peristiwa ambruknya lantai jembatan tersebut terjadi pada Rabu sekitar pukul 10.00 WIB. "Sebenarnya Jembatan tersebut sudah tidak layak pakai," jelasnya.
Jembatan kata Husni, masih bisa dilalui sepeda motor namun untuk mobil tidak bisa. "Dalam kejadian tersebut tidak ada korban, pihak Muspika pun sudah memberikan laporan. Mudah-mudahan tahun ini bisa diperbaiki secara total, karena memang Jembatan tersebut sudah tidak layak," pungkasnya.
Sementara itu Kepala UPTD Pekerjaan Umum Wilayah VII Sagaranten, Sudarno menjelaskan, jembatan tersebut merupakan kewenangan DPU Kabupaten Sukabumi.
ADVERTISEMENT
"Insya Allah tahun ini ada pembangunan Jembatan Cibuni baru. (Lokasi jembatan Cibuni baru) bergeser ke sebelah kiri. Jembatan yang ada tidak dibongkar. Sekarang pun sedang ditangani, memang gelagar besi WF 600 sudah pada keropos," pungkasnya.
Reporter: RAGIL GILANG
Redaktur: ANDRI SOMANTRI
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan