kumparan
KONTEN PUBLISHER

Pepes Jamur Kolangkaling Cikarang Jampang Kulon, Pernah Nyoba Belum?

1.jpg
Hidangan pepes jamur kolangkaling khas Kampung Cibenda, Desa Cikarang, Kecamatan Jampang Kulon, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Ragil Gilang
SUKABUMIUPDATE.com - Bagi penikmat masakan jamur, jangan sampai tidak mencoba jenis jamur yang satu ini. Namanya Jamur Kolangkaling. Dibudidayakan oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Binangkit Kampung KB Cibenda Desa Cikarang, Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi. Jamur ini memanfaatkan limbah cangkang kolangkaling, yang ternyata saat diolah rasanya tidak kalah gurih dan lezat dengan jenis jamur lainnya.
ADVERTISEMENT
"Jamur Kolangkaling ini bisa dimasak dengan berbagai olahan, seperti jamur yang lainnya," kata salah seorang penikmat Jamur Kolangkaling asal Desa Cikarang, Rizal Ginanjar kepada sukabumiupdate.com.
Olahan jamur kolangkaling, lanjut Rizal, sangat praktis dan sederhana. Bisa dimasak tergantung selera. Mau dibikin sop, tumis, pepes atau sebagai campuran dengan bahan masakan yang lainnya. "Tetapi akan lebih terasa nikmat dan harumnya kalau diolah dengan cara dipepes memakai bungkus daun pisang," imbuh Rizal.
Masih kata Rizal, cara pengolahannya sebelum dimasak, Jamur Kolangkaling tersebut dibersihkan dulu, dipotong, lalu direndam air panas selama 10-30 menit. Jangan kaget ketika rendaman airnya berwarna hitam dan mengeluarkan bau. Itu adalah reaksi alami. Jamur yang selesai dimasak lalu ditiriskan selama 15 menit, kemudian dicuci sampai bersih dan air berwarna jernih. Barulah jamur diolah sesuai selera.
ADVERTISEMENT
"Untuk pepes sendiri, bahan-bahannya Jamur Kolangkaling yang sudah bersih dan diiris, lalu sediakan daun semanggi, bawang merah, bawang putih, tomat diiris tebal, garam secukupnya lalu dibungkus sama daun pisang. Setelah itu barulah dimasak dengan cara dipepes. 10 menit sudah matang, siap disajikan. Kalau mau praktis, bisa juga pesan ke nomor 0815-6496-0771," pungkas Rizal.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan