Pencarian populer
PUBLISHER STORY
3 Juni 2018 14:05 WIB
0
0

Ribuan Ton Sampah Kotori Pantai Loji Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Tumpukan sampah di pantai loji, Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi diperkirakan mencapai ribuan ton.
ADVERTISEMENT
Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan Perkimsih, Pemkab Sukabumi, Denis Eriska menuturkan, ketebalan sampah yang hampir menutupi seluruh luas pantai Loji sekitar 5 Cm. Maka dari itu, upaya untuk membersihkan pantai ini membutuhkan waktu satu bulan lebih.
"Dari pengamatan dilapangan ketebalan sampah saja sampai 5 Cm lah," ujar Denis kepada sukabumiupdate.com, Minggu (3/6/2018).
Denis menuturkan sampah-sampah tersebut merupakan kiriman dari hulu sungai Cimandiri yang terbawa aliran arus sungai kemudian terbawa ke laut dan kembali lagi ke pantai.
"Lagi-lagi permasalahan kesadaran masyarakat dalam membuang sampah ke sungai padahal kita sudah sosialisasi ke pelosok-pelosok kampung soal kebersihan," Jelas Denis.
Adapun langkah kedepan soal penanganan sampah di pantai loji, kata Denis diserahkan sepenuhnya kepada pihak Kecamatan Simpenan, Pemerintah Desa Loji serta elemen masyarakat yang peduli dengan lingkungan.
ADVERTISEMENT
Sebab pantai Loji yang masuk kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu.
"Tadi sudah kita bicarakan ke depan ini menjadi tanggung bersama, terutama pengelola pantai loji ini karena sekarang sudah menjadi kawasan Geopark," pungkasnya.
Sebelumnya, Dinas Perkimsih Kabupaten Sukabumi bersama sejumlah pihak berupaya membersihkan sampah yang mengotori pantai Loji. Upaya membersihkan sampah di lokasi ini bakal memakan waktu hingga satu bulan lebih karena sampahnya hampir menutupi seluruh luas pantai Loji.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80