News
·
13 April 2021 8:36

Alami Kelangkaan, LPG 3 Kg di Mamuju Dijual hingga Rp 30 Ribu

Konten ini diproduksi oleh SULBAR KINI
Alami Kelangkaan, LPG 3 Kg di Mamuju Dijual hingga Rp 30 Ribu (49795)
LPG 3 Kg Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Tabung gas LPG ukuran 3 kilogram di Mamuju mengalami kelangkaan dalam beberapa hari terakhir. Selain langka, harga LPG 3 kilogram ini juga dijual hingga Rp 30 ribu di tingkat pengecer.
ADVERTISEMENT
Penelusuran Sulbar Kini di salah satu kios di Jalan Pongtiku, Kelurahan Rimuku, Mamuju, LPG 3 kilogram tersebut dijual dengan harga Rp 30 ribu per tabung. Sementara harga eceran tertinggi (HET) di pangkalan Rp 18.500 per tabung.
Hastuti, warga Mamuju, mengeluhkan kelangkaan tabung gas ukuran 3 kilogram tersebut.
"Apalagi pas Ramadhan, tentu menyulitkan kita untuk memasak," kata Hastuti, Senin (12/4/2021).
Dia berharap pemerintah segera tanggap menambah pasokan LPG 3 kilogram untuk mengatasi kelangkaan, khususnya di bulan Ramadhan. Hastuti meminta pihak terkait melakukan sidak dan memberikan sanksi bagi pedagang nakal yang menjual melampau HET.
"Pemerintah harus tegas melakukan pengawasan bagi penjual yang menjual tabung gas 3 kilogram harga terlalu tinggi," ujarnya.
Sebelumnya, Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi mengatakan akan segera bersurat secara resmi ke pihak Pertamina untuk menambah distribusi gas LPG di Mamuju.
ADVERTISEMENT
"Saya akan meminta dinas terkait dalam hal ini Dinas Perdagangan Mamuju untuk meminta stok lebih ke Pertamina di Parepare, kita akan bersurat ke sana dan biasanya seperti itu, mereka menambah stoknya khusus puasa dan menjelang lebaran nanti," pungkasnya.