kumparan
9 Juni 2019 22:31

Gempa 4,7 Magnitudo Guncang Mamasa, Getarannya hingga Toraja

Ilustrasi gempa 2.jpg
Ilustrasi gempa. Foto: Dok. kumparan
Gempa bumi tektonik kembali mengguncang Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, Minggu malam (9/6).
ADVERTISEMENT
Gempa bumi berkekuatan 4,7 magnitudo tersebut terjadi pada pukul 22.27 WITA dengan pusat gempa berada di koordinat 2,98 Lintang Selatan (LS) dan 119,59 Bujur Timur (BT), atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 10 kilometer tenggara Kecamatan Pana pada kedalaman 10 kilometer.
Kepala Balai Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah IV Makassar, Darmawan, mengatakan gempa tersebut termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal yang diakibatkan aktivitas sesar Saddang yang berdekatan dengan pusat episenter.
"Dari hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami. Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujar Darmawan, dalam keterangan resminya yang diterima Sulbar Kini.
Berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa tersebut juga dirasakan dengan skala III MMI di empat daerah di Sulawesi Selatan: Bittuang, Rantepao, Makale (Toraja), dan Majene. Hingga berita ini dinaikkan, belum ada laporan terkait dampak dan kerusakan yang diakibatkan oleh gempa tersebut.
ADVERTISEMENT
[Sapriadi]
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan