News
·
14 Juli 2021 16:09
·
waktu baca 2 menit

HUT ke-481 Mamuju, Bupati Sutinah: Kita Telah Diuji Gempa Bumi dan COVID-19

Konten ini diproduksi oleh SULBAR KINI
HUT ke-481 Mamuju, Bupati Sutinah: Kita Telah Diuji Gempa Bumi dan COVID-19 (428889)
searchPerbesar
Rapat paripurna DPRD Mamuju dalam rangka HUT ke-481 Mamuju. Foto: Dok. Humas Pemkab Mamuju
Hari jadi ke-481 tahun Mamuju diperingati Rabu (14/7/2021). Sebelum menjadi kabupaten dan ibu kota Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Mamuju dulunya merupakan sebuah kerajaan yang termasuk dalam kerajaan perserikatan Pitu Babana Binanga dan Pitu Ulunna Salu.
ADVERTISEMENT
Peringatan hari jadi ke-481 Mamuju ditandai dengan pelaksanaan sidang paripurna DPRD Mamuju yang digelar secara hybrid, yakni secara langsung dan virtual.
Bupati Mamuju, Sitti Sutinah Suhardi, mengatakan peringatan hari jadi Mamuju setiap tanggal 14 Juli selalu diwarnai dengan kebahagiaan. Namun, kata dia, peringatan itu terasa berbeda karena adanya pandemi COVID-19 yang tak kunjung berakhir serta gempa 6,2 magnitudo yang mengguncang Mamuju pada 15 Januari 2021.
"Cobaan dirasakan begitu bertubi-tubi, mulai dari bencana gempa bumi hingga pandemi COVID-19 yang telah membatasi ruang gerak," ungkap Sutinah saat membacakan sambutannya.
Pada kesempatan itu, Sutinah yang baru menjabat sebagai Bupati Mamuju pada Februari 2021 lalu menyatakan optimismenya untuk mewujudkan visi Mamuju Keren yang dituangkan ke dalam RPJMD 2021-2026.
ADVERTISEMENT
Dia menyebutkan, masa-masa awal pemerintahannya dirinya sudah dihadapkan pada dua kondisi bencana dan melakukan berbagai tindakan, seperti upaya mengorganisir dan mengkolaborasi lembaga mitra dalam penanganan bantuan bencana yang telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.
"Demikian pula adanya intervensi terhadap kepesertaan BPJS. Ribuan masyarakat Mamuju yang sebelumnya disubsidi oleh pemerintah provinsi, akhirnya telah ditangani oleh Pemerintah Kabupaten Mamuju dengan gelontoran dana lebih dari Rp 5 miliar sehingga jaminan kesehatan masyarakat Mamuju dapat terlindungi," ucapnya.
Sutinah menambahkan, progres alokasi bantuan rumah rusak untuk warga yang terdampak gempa sudah hampir tuntas dengan agenda assesmen terhadap 9.719 rumah.
"Dalam waktu dekat akan segera diuji publik agar bantuan tersebut benar-benar tepat sasaran," kata dia.
Peringatan HUT ke-481 Mamuju ini juga dihadiri Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar, Ketua DPRD Mamuju Azwar Anshari Habsi, para anggota DPRD Mamuju, serta sejumlah tamu undangan.
ADVERTISEMENT