News
·
9 Mei 2021 3:32

Usai Ramadhan, Menag Gus Yaqut Diagendakan Buka Kemah Lintas Agama di Sulbar

Konten ini diproduksi oleh SULBAR KINI
Usai Ramadhan, Menag Gus Yaqut Diagendakan Buka Kemah Lintas Agama di Sulbar (17587)
searchPerbesar
Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas. Foto: Kemenag RI
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas diagendakan akan melakukan kunjungan kerja di Sulawesi Barat (Sulbar). Kunjungan Gus Yaqut sedianya untuk membuka perkemahan pemuda lintas agama sekaligus launching desa kerukunan di Kecamatan Matangga, Kabupaten Polewali Mandar (Polman).
ADVERTISEMENT
"Kita jadwalkan kunjungan beliau (Menteri Agama) bulan Juni mendatang," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Sulawesi Barat, Muflih B. Fattah, Sabtu (8/5/2021).
Menurut Muflih, kunjungan Menag Gus Yaqut di Sulawesi Barat terkait pencanangan tahun 2022 sebagai tahun kerukunan antarumat beragama.
"Karena Pak Menteri mengharapkan bahwa di tahun 2022 sebagai tahun kerukunan," ucapnya.
Dikatakan, dalam perkemahan pemuda lintas agama dan peluncuran desa kerukunan tersebut akan menghadirkan semua perwakilan agama, mulai dari Islam, Kristen, Katolik, Hindu, dan Budha yang akan menyampaikan seputar moderasi beragama dan masalah radikalisme.
"Kita juga bekerja sama Forum Kerukunan Umat Beragam (FKUB) Sulbar. Agendanya dua hari, kan Pak Menteri sibuk, di samping itu ada pembinaan ASN seluruh jajaran Kementeriaan Agama se-Sulbar," jelas Muflih.
ADVERTISEMENT
Dia menambahkan, dipilihnya Kecamatan Matangga sebagai lokasi peluncuran desa kerukunan mengingat berbagai perwakilan agama berada di daerah tersebut.
"Memang di situ, setelah teman-teman meninjau kan sebelumnya sudah berjalan di Tobadak, Mamuju Tengah, ternyata teman-teman dari FKUB melihat perlu lagi pilot project desa kerukunan. Karena di situ (Matangga) berbagai agama bukan hanya Islam, tetapi perwakilan teman-teman agama lain juga ada," pungkasnya.