kumparan
search-gray
News1 Juli 2020 18:32

886,6 Ton Daging Ayam Asal Sumut Dikirim ke 3 Kota di Indonesia

Konten Redaksi Sumut News
886,6 Ton Daging Ayam Asal Sumut Dikirim ke 3 Kota di Indonesia  (198515)
Daging ayam asal Sumut dikirim ke tiga kota di Indonesia. Foto: Istimewa
MEDAN | Sumatera Utara menjadi pemasok kebutuhan daging ayam pada tiga kota di Indonesia, yaitu Batam, Balikpapan dan Banjarmasin.
ADVERTISEMENT
Data Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Belawan menyebutkan, sekitar 886,6 ton daging ayam dikirim ke tiga kota tersebut pada semester pertama tahun 2020.
"Batam sebanyak 799,6 ton, Balikpapan 63 ton dan Banjarmasin 24 ton. Serangkaian tindakan karantina telah dilakukan terhadap komoditas ini, agar terjamin sehat, aman dan layak dikonsumsi masyarakat," kata Kepala Karantina Pertanian Belawan, Hasrul, Rabu (1/7).
Ia menjelaskan, jumlah fasilitasi ini lebih tinggi dibandingkan pada periode yang sama di tahun 2019. Tercatat sebanyak 714 ton, yaitu Batam 699,4 ton dan Banjarmasin hanya 15 ton.
Sebelum dilalulintaskan melalui Pelabuhan Belawan, pihaknya memastikan alat angkut yang digunakan telah sesuai dengan standar yang telah ditentukan.
Daging ayam beku ini harus disimpan dengan suhu penyimpanan -21°C, sehingga mutu daging ayam dapat terjaga dengan baik.
ADVERTISEMENT
"Setelah produk dan alat angkutnya memenuhi persyaratan, komoditas asal peternak di Kabupaten Deli Serdang ini mendapatkan Sertifikat Sanitasi Produk Hewan (KH12) dari pejabat Karantina Pertanian yang bertugas," ujarnya.
Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil menjelaskan, Balai Karantina Pertanian Belawan, seperti halnya unit pelaksana teknis karantina pertanian di seluruh tanah air berada di tempat-tempat pengeluaran dan pemasukan, yakni pelabuhan, bandar udara, pos lintas batas negara dan dan kantor pos.
"Kami melalukan tugas ini di border atau batas negeri," jelasnya.
Sejalan dengan kebijakan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, untuk memastikan ketersediaan 11 bahan pangan pokok, daging ayam salah satunya, Barantan bertugas memastikan kelancaran distribusi antar area di samping jaminan kesehatan dan keamanannya. | SUMUTNEWS
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white