Pencarian populer

113 Napi Lapas Lambaro Kabur, Polda Sumut Perketat Keamanan Perbatasan

MEDAN, SumutNews.com | Polda Sumatera Utara memperketat pengamanan di perbatasan antara Sumatera Utara dan Aceh. Tindakan itu menyusul kaburnya 113 narapidana (napi) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Lambaro pada Kamis malam (29/11).
ADVERTISEMENT
"Bapak Kepala Polda (Kapolda) memerintahkan seluruh Polres jajaran untuk memperketat keamanan lapas di daerahnya. Kita tidak ingin kejadian Lambaro terulang," kata Kepala Bidang Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, Jumat (30/11).
Tatan mengatakan Polda Sumut akan turut membantu mencari narapidana yang kabur itu. Wilayah-wilayah yang berbatasan langsung dengan Sumatera Utara dijaga ketat.
"Kita perkuat daerah perbatasan di Langkat dan kawasan Aceh Tenggara yang berbatasan dengan Sumatera Utara," ungkap Tatan.
Sebelumnya, Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen Pas) Kementerian Hukum dan HAM, Ade Kusmanto, mengatakan insiden itu terjadi pada saat napi akan melaksanakan salat Magrib. Menurut Ade, terdapat napi yang memprovokasi napi lainnya untuk kabur.
"Mereka kemudian terpengaruh. Napi membobol tembok lapas. Masalah motifnya sedang kita dalami," ujar Ade.
ADVERTISEMENT
Dari 113 napi yang kabur, 23 orang di antaranya sudah ditangkap. Jumlah itu diperkirakan akan bertambah karena upaya pencarian masih terus dilakukan.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80