kumparan
20 September 2019 15:58

Soal Gedung WarenHuis, Eldin: Jika Ada yang Mau Mengelola, Silahkan

PAK ELDIN.jpg
MEDAN, SumutNews.com | Pengelolaan gedung bersejarah WarenHuis di Jalan Ahmad Yani VII, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat, harus dikelola oleh 'tangan-tangan' yang tidak hanya memikirkan komersil, namun juga mau mengelola dan melestarikannya.
ADVERTISEMENT
Demikian dikatakan Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin di sela-sela aksi bersih di gedung yang di zaman kolonial adalah supermarket pertama di Kota Medan itu,
Eldin mengatakan, Pemko Medan memiliki keinginan untuk menjadikan gedung bersejarah itu menjadi heritage dan ikon. Menurutnya, selama ini siapapun mengetahui gedung itu merupakan peninggalan sejarah dan karenanya akan dikembalikan.
"Untuk merevitalisasinya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Nanti, jika umpamanya kita ada yang tidak bisa, berharap ini nantinya ada tangan-tangan mengelola itu untuk melestarikannya, tidak hanya karena komersialnya saja," katanya.
Setelah diperbaiki, kata Eldin, nantinya akan ada perawatan. Hal tersebut menurutnya harus didorong. Dirinya juga tidak ingin setelah diambil alih justru tidak bisa dikelola pemerintah sehingga kembali tertinggalkan.
ADVERTISEMENT
"Intinya bagaimana mengembalikan jejak-jeak sejarah. Komersil atau tidaknya ada ukurannya, yang penting bisa turut dan punya keinginan melestarikan," jelasnya.
Eldin mengaku, Pemko Medan saat ini belum memiliki anggaran merehab atau merevitalisasi gedung Warenhuis."Belum punya. Makanya nanti akan kita (beritahu) standartnya lah," cetusnya.
Saat disinggung apakah akan mengundang swasta untuk mengelolanya, Eldin hanya menjawab singkat.
"Iya nanti kalau ada yang memang mau mengelolanya. Silakan, nanti kita akan open bidding (lelang terbuka) untuk mengelolanya," pungkasnya.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan