News
·
21 April 2021 12:10

Video Warga Protes Jenazah Dikubur di Pemakaman Umum, Viral di Media Sosial

Konten ini diproduksi oleh SUMUT NEWS
Video Warga Protes Jenazah Dikubur di Pemakaman Umum, Viral di Media Sosial (416505)
Tangkapan layar video protes warga tentang pemakaman jenazah diduga COVID-19 di Tempat Pemakaman Umum. Videonya viral di media sosial, diduga terjadi di Pematang Siantar. (Istimewa)
MEDAN | Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan seorang perempuan bersuara keras ke arah sejumlah orang yang mengenakan alat pelindung diri (APD) diduga di tempat pemakaman umum (TPU).
ADVERTISEMENT
Petugas yang mengenakan APD tersebut terlihat hendak memakamkan jenazah dan mendapat protes. Diduga peristiwa itu terjadi di Pematang Siantar.
Video tersebut diunggah di salah satu akun Instagram dan dilihat hingga 1.269 kali pada Selasa (20/4) malam. Dilihat dari video, peristiwa tersebut terjadi pada malam hari.
Sebuah peti dikeluarkan dari dalam mobil kemudian dibawa ke tempat pemakaman. Sebelum peti dimasukkan ke dalam lubang pekuburan, saat itu lah perempuan tersebut bersuara keras.
"(Ini) pemakaman umum. Tapi bilang dia COVID. Masyarakat jangan dibodohi," katanya.
Biarpun demikian, petugas yang mengenakan APD tersebut tetap saja melakukan penguburan. Terdengar pula suara aba-aba proses penguburan.
"Biar dapat duit ratusan juta klen, tau. Makan uang haram, tau klian. Didengar dulu orang ngomong, baru dikubur," ujar suara perempuan yang tak terlihat di video.
ADVERTISEMENT
Begitupun perempuan yang di awal video bersuara keras mucul lagi dan memprotes mengenai penyemprotan. Dia seperti tidak terima dengan penyemprotan seperti halnya penyakit.
"Kok semprot macam kami ini hama. Bukan penyakit. Kalian yang penyakit. Kalian bodoh-bodohi masyarakat. COVID, ada apa? Tolong jawab. Mana Satgas COVIDnya yang nunggu di Siantar tidak koordinasi. Udah lah tak usah main dengan hukum. akan kubuktikan bahwa dia tidak COVID. Ini kan pembuktian nyata dia tidak COVID, dikubur di tempat pemakaman umum. Berdalih-dalih kah," katanya.
Dikonfirmasi melalui aplikasi WhatsApp pada Rabu (21/4) siang, Juru Bicara Satuan Tugas COVID-19 Sumatera Utara, dr. Aris Yudhariansyah belum memberikan keterangan.
Dia hanya mengatakan bahwa dirinya sedang mengikuti kegiatan dengan kepolisian Daerah Sumut. "Sy msh dipolda vidcon," katanya singkat. | SUMUT NEWS
ADVERTISEMENT