kumparan
15 April 2019 18:51

Wabup Paluta Diduga Lakukan Politik Uang Agar Istrinya Menang Pileg

MEDAN, SumutNews.com | Polisi mengamankan Wakil Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Sumatera Utara, Hariro Harahap. Ia diamankan karena diduga terlibat dalam praktek money politic atau politik uang, untuk memenangkan istrinya berinisial MS yang maju sebagai calon legislatif.
ADVERTISEMENT
Informasi yang dihimpun, awalnya Tim Satgas Money Politic Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) mengamankan empat orang pria berinisial SH (pengemudi), MH, FIM dan R dari sebuah mobil Toyota Kijang BK 1462 YG pada Senin (15/4/2019) sekitar pukul 02. 50 WIB. Dari mereka puluhan amplop berisi uang Rp200.000.
Saat diinterogasi terungkap bahwa amplop itu diperoleh dari seorang laki-laki berinisial FH, dari salah satu rumah di Jalan Sisingamangaraja, Lingkungan I Partimbakoan, Kelurahan Pasar Gunung Tua, Kecamatan Padang Bolak.
Tim langsung bergerak ke alamat yang dimaksud, dan ternyata itu adalah kediaman Wakil Bupati Padang Lawas Utara Hariro Harahap. Dari dalam rumah, petugas mengamankan Hariro Harahap bersama FH, AAS, HH, MRH, HS, IRH, MLS, KAS dan SKS. Petugas jugas menyita 118 lembar amplop berisi uang yang bervariasi dari Rp150.000, Rp200.000 dan Rp300.000.
ADVERTISEMENT
Kabid Humas Polda Sumatera Utara Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja membenarkan hal tersebut. "Ada 13 orang yang diamankan termasuk Wakil Bupati aktif Paluta," katanya, Senin (15/4/2018).
Selain itu, petugas juga menyita ratusan amplop dengan uang yang bervariasi. " Ada yang isi 200 ribu rupiah, 250 ribu dan 300 ribu rupiah, Itu jumlahnya ada ratusan amplop," ujarnya.
Saat ini, mereka yang diamankan akan diserahkan ke Bawaslu Paluta. Dugaan politik uang tersebut akan ditindaklanjuti oleh Gakkumdu.
"Nanti pihak Bawaslu yang memeriksa," pungkasnya.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan