kumparan
search-gray
Bola & Sports8 Juni 2020 17:24

Barcelona Adalah Surga Dunia Frenkie de Jong

Konten kiriman user
Barcelona Adalah Surga Dunia Frenkie de Jong (314507)
Aksi Frenkie de Jong tatkala Barcelona berhadapan dengan Real Betis. Foto: Marcelo del Pozo/REUTERS
"Impianku adalah bermain untuk Barcelona. Mereka adalah klub favoritku di luar Belanda," ujar Frenkie de Jong kepada BBC.
Terdengarnya, sih, seperti klise. Namun, siapa yang tak kagum dengan klub berjuluk Blaugrana itu? Well, ada, sih. Fan garis keras Real Madrid, mungkin?
ADVERTISEMENT
Namun, ah, kesampingkan rivalitas mereka dulu. Satu yang pasti, De Jong adalah bagian dari orang-orang yang memendam hasrat besar untuk bisa membela Barcelona.
Jadi, ketika tawaran itu datang pada musim panas 2019, De Jong tak perlu bertapa hingga 1001 malam untuk sekadar mengenyahkan ragu, meyakinkan hatinya, memantapkan kakinya keluar dari negeri Belanda menuju Catalunya.
"Awalnya, aku tak merasa yakin Barcelona benar-benar menginginkanku. Namun, mereka bilang aku memiliki peluang bagus untuk menjadi starter dan itu sangat memudahkanku [untuk mengambil keputusan]," kata eks pemain Ajax Amsterdam itu.
Lho, jelas. Apa lagi yang ditunggu? Klub impianmu menginginkanmu berada di dalam daftar starting line up mereka. Bodoh betul kalau tak disikat. Namun untungnya, De Jong adalah orang pintar.
Barcelona Adalah Surga Dunia Frenkie de Jong (314508)
Gila, itu urat atau aurat? Foto: Albert Gea/Reuters
Sekadar catatan, per Who Scored, gelandang andalan De Oranje itu telah 36 kali turun laga membela Barcelona di lintas ajang musim ini. Hanya 4 kali, dia tak main sebagai starter. Top.
ADVERTISEMENT
Josep Maria Bartomeu sebetulnya adalah sosok yang punya peran besar dalam meyakinkan De Jong. Kata-kata yang dilontarkan Presiden Barcelona itu mampu menghadirkan imaji El Barca sebagai 'surga dunia' di kepala pemain kelahiran 12 Mei 1997 itu.
"Dia berbicara soal klub-klub lain dan [Pep] Guardiola dan kejayaan Barcelona di eranya. Dia bilang, Guardiola adalah manajer terhebat, tetapi dia juga bilang kepadaku, 'Jika kau ingin menikmati hidup, kau ingin bermain di Barcelona'," kisahnya.
Barcelona Adalah Surga Dunia Frenkie de Jong (314509)
Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu. Foto: AFP/Josep Lago
Apakah De Jong benar-benar bahagia di Barcelona? Well, terlepas dari kritik yang tajam mengarah padanya, wong Gorinchem itu tampak menikmati bermain dengan pemain-pemain top di skuat kebanggaan publik Camp Nou.
Terutama Lionel Messi, dia mengaku banyak belajar dari 'megabintang' asal Argentina itu. Setiap kali La Pulga bersabda, De Jong pasti membuka dua telingnya lebar-lebar, khusyuk mendengarkan.
Barcelona Adalah Surga Dunia Frenkie de Jong (314510)
Lionel Messi saat merayakan gol untuk Barcelona. Foto: LLUIS GENE / AFP
Selain aspek sepak bola, De Jong juga mengaku senang dengan cuaca di Kota Barcelona. Di sisi lain, dirinya memang memimpikan juga bisa bermain di tempat yang memiliki cuaca hangat.
ADVERTISEMENT
"Kadang-kadang, ketika mengemudi ke tempat latihan, aku melihat cuaca [cerah]. Lalu, aku berpikir, 'Aku selalu memimpikan ini sewaktu, itu adalah mimpi [yang terwujud]'. Aku benar-benar bahagia," terangnya.
Sekarang, boleh jadi, De Jong banjir kritikan karena belum bisa mengklopkan diri dengan gaya main si 'Raksasa Catalunya'. Namun nanti, seandainya dia sudah jago banget, jangan harap uang ratusan juta poundsterling dan iming-iming gaji selangit bisa dengan mudah meluluhkannya berganti kapal.
Mau bagaimana lagi? Lha wong, Barcelona dan kotanya sudah telanjur mengikat hati De Jong bak magnet menarik besi, kok. Mematen erat, mematri kuat.
---
Ayo, ikutan Home of Premier League dan menangi 1 unit SmartTV dan 2 Jersi Original klub Liga Inggris. Buruan daftar di sini.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white