kumparan
Bola & Sports22 Februari 2020 18:16

Kisah Evra Bujuk Ole Gunnar Solskjaer: Tolong Beri Brandon Williams Kesempatan

Konten kiriman user
Ole Gunnar Solskjaer (P)
Ole Gunnar Solskjaer di laga melawan Partizan. Foto: Reuters/Andrew Yates
Apa yang bakal kamu katakan jika Ole Gunnar Solskjaer tiba-tiba muncul di hadapanmu dan berkata, "Kuberi kamu satu permintaan"?
ADVERTISEMENT
Well, kalau kamu adalah Patrice Evra, maka boleh jadi kamu bakal meminta satu hal: Berikan kesempatan untuk Brandon Williams bermain di tim utama Manchester United.
Ya, eks bek asal Prancis itu yakin si pemuda 19 tahun bisa menjadi pemain penting untuk The Red Devils. Jadi, kalau kini kamu kerap menyaksikan Williams turun laga membela Manchester United, maka Evra mengeklaim bahwa ada andil dirinya dalam menyakinkan Solskjaer untuk hal itu.
Akan tetapi, kenapa Evra bisa sebegitu yakin pada kualitas Williams?
"Aku sedang mengurus lisensi kepelatihanku di Manchester United. Aku melakukan kursus sebanyak dua minggu per bulan, dan seseorang mengirimiku video tentang Brandon," kata Evra kepada Copa90.
"Aku menontonnya dan 'Wow, dia punya sesuatu yang sangat kusukai'. Jadi, menurutku, dia tangguh. Setelah sesi latihan, aku pergi dengan tim utama dan bertemu Ole," lanjutnya.
ADVERTISEMENT
Ya, jadi itulah dasar Evra. Sosok yang membela Manchester United selama 2006-2014 itu mengaku berbicara langsung pada si pelatih Norwegia agar dia memberi Williams lebih banyak kesempatan bermain di tim utama.
Ole Gunnar Solskjaer
Ole Gunnar Solskjaer: "Evra, saranmu JOSSS!!!" Foto: REUTERS/Phil Noble
"Aku berkata, 'Ole, apakah kamu tahu tentang anak itu, Brandon Williams?' Ya, mereka bilang dia bagus," kisahnya.
"Aku berkata, 'Percayalah padaku, Ole. Sejak aku pergi, aku bisa melihat dia bisa bermain sebagai bek kiri. Tolong beri dia kesempatan'," jelas Evra.
Well, itu ada benarnya. Sejak pria 38 tahun itu meninggalkan Old Trafford pada Juli 2014, posisi bek kiri Manchester United memang tak jarang menjadi sorotan.
Patrice Evra
Patrice Evra, bek kiri terbaik Manchester United pada masanya. Foto: John Sibley Livepic/File Photo
Sebelumnya, posisi bek kiri Manchester United diisi oleh Luke Shaw dan Marcos Rojo. Sialnya, dua orang ini kerap berkutat dengan cedera dan masalah kebugaran.
ADVERTISEMENT
Kalau bukan mereka, maka Matteo Darmian dan Cameron Borthwick-Jackson juga sempat dipercaya mengisi posisi itu. Namun, performa mereka juga kurang impresif.
Lalu, sejak awal musim 2019/20, Williams menjadi andalan baru di sisi kiri pertahanan Manchester United. Per WhoScored, pemain nomor punggung 53 itu rata-rata membuat 1,4 tekel sukses; 1 kali intersep; 1 kali menang duel udara; dan 1,2 kali sapuan per laga.
Chelsea vs Manchester United PTR
Brandon Williams (atas) berduel dengan Hudson-Odoi. Foto: Reuters/John Sibley
Data di atas berdasarkan jumlah 14 kali penampilannya membela Manchester United musim ini (10 kali di Premier League dan 4 kali di Liga Europa). Khusus di Premier League, Williams sudah membikin satu gol, lho.
Kalaupun ada aspek yang mesti diperbaiki, maka salah satunya adalah kualitas umpan silangnya. Sejauh ini, Williams jarang melepas umpan silang akurat, kurang dari 1 kali per laga.
Brandon Williams (C)
Brandon Williams di laga vs Partizan. Foto: AFP/Andrej Isakovic
Namun, ya, itu 'kan klaimnya Evra. Boleh jadi, Solskjaer sudah lebih dahulu punya rencana memberi kesempatan pada Williams sebelum Evra memberi saran tersebut.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, mungkin tak ada salahnya juga jika Solskjaer mau berterima kasih pada Evra karena telah, setidaknya anggaplah, membantunya dalam meyakinkannya. Yup, teman yang baik adalah teman yang saling memberi saran kebaikan, bukan?
Well, terlepas dari hal itu, kini masih ada waktu dan ruang untuk berkembang bagi Williams. Kuncinya satu: Dia mesti diberi banyak kesempatan main.
Semoga Solskjaer bisa membantunya. Hmm... Tetapi itu pun kalau pelatih 46 tahun itu masih juga diberi kesempatan oleh manajemen klub menangangi Manchester United pada musim depan dan setelahnya, sih.
----
Mau nonton bola langsung di Inggris? Ayo, ikutan Home of Premier League. Semua biaya ditanggung kumparan dan Supersoccer, gratis! Ayo buruan daftar di sini.
ADVERTISEMENT
Bagi yang mau nonton langsung siaran Liga Inggris, bisa ke Mola TV; dan bagi yang ingin merasakan kemeriahan Nobar Supersoccer, bisa cek list schedule-nya di SSCornerID. Tersedia juga hadiah bulanan berupa Polytron Smart TV, langganan Mola TV, dan jersey original.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan