Bola & Sports7 November 2019 17:00

Mengenang Laga Manchester United vs Partizan Belgrade 53 Tahun Silam

Konten kiriman user
Mengenang Laga Manchester United vs Partizan Belgrade 53 Tahun Silam (148492)
Jesse Lingard berupaya melewati bek Partizan, Bojan Ostojic. Foto: Reuters/Marko Djurica
Nanti malam, wakil Premier League, Manchester United, bakal kembali berlaga kontra klub asal Serbia, FK Partizan Belgrade, di laga fase grup Liga Europa musim 2019/20. Andai menang, 'Setan Merah' bisa memuncaki klasemen.
ADVERTISEMENT
Pada pertemuan pertama di Partizan Stadion pada 24 Oktober 2019, Zoran Tosic dan kawan-kawan kalah 0-1. Tosic, yang merupakan eks penggawa Manchester United, bermain selama 75 menit tapi tak mampu mencetak asis maupun gol. Sementara gol tim tamu dicetak Anthony Martial.
Namun, tahukah kalian bahwa laga Manchester United kontra Partizan Belgrade sebelumnya pernah terjadi pada 53 tahun silam?
Ya, saat itu Manchester United adalah tim yang menangan, enggak kayak sekarang yang penuh kesedihan. Dulu, mereka dilatih pelatih jenius nan kharismatik bernama Sir Matt Busby, kini mereka dilatih Ole Gunnar Solskjaer yang pada masa itu bahkan belum lahir.
Mengenang Laga Manchester United vs Partizan Belgrade 53 Tahun Silam (148493)
Patung Matt Busby di depan Old Trafford. Foto: Clive Mason/Getty Images
53 tahun lalu, saat itu kedua tim bertemu di semifinal European Cup --nama lama Liga Champions-- musim 1965/66. Namun kini, kedua tim bakal bentrok di fase grup Liga Europa musim 2019/20. Turun kasta.
ADVERTISEMENT
Kalau Manchester United dan Partizan ini ibaratnya adalah sepasang kekasih yang cintanya kandas lalu lama tak bersua, maka 53 tahun lalu itu ibaratnya mereka berkencan di restoran mewah. Sedangkan malam nanti, mereka bakal berkencan di saung pinggir sawah.
Lho, kok kasar banget perumpamaan buat Liga Europa?
Enggak gitu, sih. Dulu itu ‘kan, di European Cup, mereka bertemu di semifinal, yang artinya selangkah menuju final, dekat dengan trofi juara.
Nah, sekarang di Liga Europa, mereka baru bertemu di babak grup. Masih jauh, bos, dari trofi juara. Memangnya yakin bakal lolos dari grup? Hati-hati, masih ada Astana, lho...
Nah, dalam laga 53 tahun silam itu, di semifinal leg pertama, tepatnya 13 April 1966, Partizan membuat sejarah.
Mengenang Laga Manchester United vs Partizan Belgrade 53 Tahun Silam (148494)
Potret tim Partizan pada tahun 1966. Foto: Wikimedia Commons
Skuad asuhan Abdulah Gegic sukses menunjukkan dominasi di hadapan pendukung sendiri dengan membenamkan Manchester United dua gol tanpa balas. Gol dicetak oleh Mustafa Hanagic dan Radoslav Becejac.
ADVERTISEMENT
Pada leg kedua di Old Trafford, tuan rumah hanya bisa menyarangkan satu gol ke gawang kiper tim tamu, Milutin Soskic. Gol yang dicetak Nobby Stiles itu tak cukup untuk bisa membawa Manchester United ke final.
Namun di final, Partizan kalah 2-1 dari Real Madrid. Hingga kini, mereka belum pernah mencapai final kejuaraan Eropa apa pun lagi.
Bagaimana dengan Manchester United? Apakah mereka musim ini bakal melenggang mulus hingga juara seperti musim 2016/17?
Duh, enggak usah ngomongin juara dulu, deh. Itu striker-nya pada disuruh belajar nendang bola ke arah gawang dengan benar dulu aja.
-----
Mau nonton bola langsung di Inggris? Ayo, ikutan Home of Premier League. Semua biaya ditanggung kumparan dan Supersoccer, gratis! Ayo buruan daftar di sini. Tersedia juga hadiah bulanan berupa Polytron Smart TV, langganan Mola TV, dan jersey original.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white