kumparan
30 November 2019 10:38

Pep Guardiola Tertarik Perpanjang Kontrak (Lagi) di Manchester City

Pep Guardiola
Pep Guardiola dan gelar Premier League pertamanya. Foto: Carl Recine/Reuters
Betapa berat cobaan hidup klub-klub rival Manchester City di Premier League. Sebab, Pep Guardiola baru saja membikin pernyataan yang menyiratkan bahwa dia tertarik untuk kembali memperpanjang masa baktinya bersama The Citizens.
ADVERTISEMENT
Padahal, pada musim 2017/18, juru taktik berdarah Catalunya ini telah resmi menambah kontraknya hingga 2021, tak lama setelah Manchester City mengakhiri musim dengan 'menggondol' trofi Premier League dan poin 100.
"Iya, aku terbuka (untuk ide perpanjangan kontrak). Ini bukan soal apa yang klub mau atau tidak. Bagiku, aku ingin melihat pemainku dan reaksi pemainku dan segalanya," ujar Guardiola, dilansir BBC.
Pep Guardiola
Pep Guardiola bersama Sergio Aguero. Foto: Reuters/Carl Recine
“Ini tidak sesederhana aku mau memperpanjang (kontrak atau tidak). Aku mau melihat klub ini, aku mau melihat para pemain, aku mau melihat bagaimana kami masih bekerja bersama," lanjut eks pelatih FC Barcelona itu.
Ya, begitulah Guardiola. Pria yang membesut Manchester City sejak Juli 2016 ini memang selalu memandang banyak hal dari segi kompleksitas. Dia pun tak hanya berpikir dalam jangka pendek, tapi juga jangka panjang.
ADVERTISEMENT
"Itu [keharmonisan tim] adalah hal paling penting setelah lima tahun bersama [perhitungannya 2016-2021]. Anda harus merasa seperti kita bisa melakukannya bersama dan menikmati bekerja bersama," tegasnya.
Pep Guardiola
Pep Guardiola diarak oleh pemain-pemainnya sendiri. Foto: Toby Melville/Reuters
Sejauh ini, Guardiola sudah sumbangkan tujuh trofi untuk publik City of Manchester Stadium: Dua trofi Premier League, satu trofi Piala FA, dua trofi Piala Liga Inggris, dan dua trofi Community Shield.
Well, tampaknya Guardiola masih penasaran untuk bisa memenangkan trofi level Eropa, terutama Liga Champions. Dia pernah memenangkannya dua kali bersama Blaugrana, tetapi gagal kala membesut Bayern Muenchen.
"Ketika Anda berada di suatu klub selama lima tahun, itu tergantung pada hasilnya. Kita lihat saja apa yang terjadi di musim ini dan musim depan," ujar Guardiola.
ADVERTISEMENT
Jika akhirnya Guardiola benar memperpanjang kontrak bersama Manchester City, maka Premier League bakal kian seru. Sebab, Guardiola adalah sosok pelatih andal dan peramu taktik yang baik.
Di sisi lain, kerasnya kompetisi Inggris memaksanya untuk menciptakan variasi taktik yang tak monoton. Itu akan memberikan sensasi sendiri kepada penonton.
Jurgen Klopp
Jurgen Klopp dan Pep Guardiola. Foto: Carl Recine/REUTERS
Nah, tapi yang kasihan adalah rival-rivalnya Mancheser City. Semakin berat saja perjuangan klub-klub seperti Liverpool, Chelsea, Leicester City, Arsenal, Manchester United, dan Tottenham Hotspur untuk menggamit trofi Premier League.
Well, untuk tiga klub yang disebut terakhir, sebenarnya ada atau tidak ada Guardiola, ketiganya juga bakal tetap kesulitan untuk juara Premier League. Penyebabnya, apalagi kalau bukan kebebalan mereka sendiri.
ADVERTISEMENT
---
Mau nonton bola langsung di Inggris? Ayo, ikutan Home of Premier League. Semua biaya ditanggung kumparan dan Supersoccer, gratis! Ayo buruan daftar di sini. Tersedia juga hadiah bulanan berupa Polytron Smart TV, langganan Mola TV, dan jersey original.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan