kumparan
14 Februari 2020 18:45

Totalitas Erling Braut Haaland: Datang ke Tempat Latihan di Hari Libur

PTR, Erling Braut Haaland
Striker Dortmund, Erling Braut Haaland. Foto: AFP/Ina Fassbender
Kalau mau jago seperti Erling Braut Haaland, maka kuncinya adalah harus disiplin dan bekerja keras. Tidak ada kesuksesan yang datang jika kerjaanmu cuma rebahan sambil bengong-bengong tak jelas.
ADVERTISEMENT
Well, itulah yang diceritakan oleh rekan setim Haaland di Borussia Dortmund, Roman Buerki. Menurut kiper Timnas Swiss itu, puja-puji tak membikin si penyerang Norwegia berpuas diri.
“Jika seorang pemain muda mendapatkan sorotan begitu banyak dan terkenal di dunia pada usia 19 tahun, itu bisa menjadi situasi yang sulit,” kata Buerki kepada Goal International dan DAZN.
Sebaliknya, Haaland mampu bersikap dewasa, meski sudah mendapat ketenaran dan menjadi penyerang andalan tim di usianya yang kini belum genap 20 tahun. Dia mampu menjaga performanya dan tetap buas di depan gawang. Apa rahasianya?
"Erling sangat profesional. Saya selalu menjadi salah satu pemain yang pertama datang ke pusat pelatihan. Namun, dia [bisa] ada di sana lebih awal. Dia juga datang ke pusat pelatihan pada hari libur. Dia tahu apa yang penting dan baik untuknya," jelas kiper 29 tahun itu.
ADVERTISEMENT
Bayangkan, pada hari libur saja, Haaland datang ke tempat latihan. Kurang totalitas apa coba? Ya, pantas kalau mainnya jago. Latihannya sedisiplin itu dan mau mengorbankan kenyamanan untuk menjadi lebih baik.

Aku benci setiap menit dalam latihan, tetapi aku bilang, "Jangan Berhenti! Menderita sekarang dan jalani sisa hidupmu sebagai seorang juara".

-Muhammad Ali.

COVER, Erling Braut Haaland
Striker Dortmund, Erling Braut Haaland, punya rekor spesial di Bundesliga. Foto: AFP/Ina Fassbender
Oke, Buerki enggak memperjelas, sih, apa yang dilakukan Haaland di tempat latihan saat hari libur itu. Namun, ya, apa lagi kalau bukan melakukan latihan?
Enggak mungkin 'kan Erling Braut Haaland datang ke tempat latihan di hari libur cuma buat menumpang mandi karena air di kosannya di Jerman mati?
---
Mau nonton bola langsung di Inggris? Ayo, ikutan Home of Premier League. Semua biaya ditanggung kumparan dan Supersoccer, gratis! Ayo buruan daftar di sini.
ADVERTISEMENT
Bagi yang mau nonton langsung siaran Liga Inggris, bisa ke Mola TV; dan bagi yang ingin merasakan kemeriahan Nobar Supersoccer, bisa cek list schedule-nya di SSCornerID. Tersedia juga hadiah bulanan berupa Polytron Smart TV, langganan Mola TV, dan jersey original.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan