News
·
1 September 2020 16:18

Tim Pengembang Suku Tidung Nunukan Peringati HUT RI Ke-75 dengan Gembira

Konten ini diproduksi oleh Suprianto Haseng
Tim Pengembang Suku Tidung Nunukan Peringati HUT RI Ke-75 dengan Gembira  (81728)
Foto Panitia Peringatn HUT RI Ke -75 bersama Tokoh Masyarakat. Sumber Foto Herison S.Pd
Nunukan - (01/09/2020) Dalam memeriahkn HUT RI Ke 75 Tahun, TIM Pengembang Suku Tidung Kabupaten Nunukan bersama warga masyarakat Nunukan mengadakan kegiatan dalam Momentum 17 Agustus Hari Kemerdekaan Indonesia yang dirayakan oleh setiap warga dan masyarakat dengan penuh suka cita. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengenang jasa pahlawan yang telah berjuang mempertaruhkan nyawa dalam memerdekakan Negara kita tercinta ini.
ADVERTISEMENT
Oleh karenanya, Hari Kemerdekaan adalah tonggak sejarah yang harus tetap dikenang oleh setiap warga Negara Indonesia. Dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia, kita selaku generasi muda ingin mengadakan kegiatan-kegiatan positif yang tujuannya tidak lain adalah menghibur dan menumbuhkan semangat serta gotong-royong masyarakat.
Dengan demikian, kami selaku panitia yang terbentuk dari Inisiator TIM Pengembang Suku Tidung dan Organisasi Pemuda Sungai Bilal Kel. Nunukan Barat mengadakan Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia di Taman Pelangi Perbatasan Sungai Bilal Jl. Abdul Razak RT.13 Nunukan
Tujuan terselenggaranya acara ini, yaitu:
  1. Bentuk syukur kepada Allah SWT atas nikmat kemerdekaan yang telah diberikan.
  2. Menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan antar sesama masyarakat sungai bilal khususnya dan Warga kabupaten Nunukan pada umumnya
  3. Mengenang jasa pahlawan yang telah berjuang dan mengorbankan nyawa untuk Kemerdekaan Indonesia.
  4. Menumbuhkan semangat juang generasi penerus bangsa, para pemuda pemudi sungai bilal
  5. Sebagai ajang hiburan masyarakat sungai bilal dengan kegiatan yang positif dimasa pandemi covid-19.
  6. Meningkatkan rasa cinta kepada Tanah Air Indonesia.
  7. Melestarikan Budaya Suku tidung lewat kegiatan perlombaan japin tidung.
ADVERTISEMENT
Tim Pengembang Suku Tidung Nunukan Peringati HUT RI Ke-75 dengan Gembira  (81729)
Foto Bersama dengan Pemenang Lomba Sumber Foto. Herison S.Pd
Kegiatan ini dilaksanakan selama 6 hari di mulai 25 Agustus s/d 30 Agustus 2020 diarena lomba yang berbeda dengan melibatkan beberapa juri sesuai bidang lomba masing-masing
Dalam kegiatan puncak Malam Perayaan HUT RI ke 75 Sungai Bilal, sesuai Tema yang di angkat “SUNGAI BILAL SOLID” Turut ikut serta dalam pengisi acara 3 Persembahan Tarian-tarian khas TIDUNG Kab. Nunukan, yaitu pembuka acara opening seremony Sanggar Tari “PAGUN TAKA” Sungai Bilal RT.13 kemudian Pemenang juara 1 Lomba Japin Sanggar Tari Bebilin Taka Kampung Rambutan Nunukan Timur. Kegiatan di pandu oleh Mc/Pembawa Acara sdr. Herison, S.Pd Salah satu TIM PENGEMBANG SUKU TIDUNG Nunukan dan Inisiator dalam kegiatan tersebut.
Kegiatan puncak malam penutupan diawali dengan doa oleh Ustz. Suwandi, dilanjutkan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Lagu Bebilin Sebagai lagu Kebangsaan Suku Tidung. Dan tidak kalah menarik malam puncak pengisi acara persembahan Tarian IMBAYA TAKA Kab. Nunukan memberikan acara lebih Hidup dalam keberagaman tarian khas tidung di Nunukan. Dilengkapi penampilan Juara 1 Baca Puisi Tingkat SD Adik Putri Aulia Juliana Siswa SDN 002 Nunukan
ADVERTISEMENT
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Nunukan yang diwakili Asisten 1 Pemeritahan dan Kesra Bpk Muhammad Amin, Kepala Dinas Pariwisata pemuda dan olahraga Kab. Nunukan, Kapolsek, Lurah Nunukan Barat, Pemangku Adat tidung bpk Ibrahim latief, Para Ketua RT Sungai Bilal, Tokoh Agama, Tokoh Wanita dan Pemuda Sungai Bilal dan seluruh Masyarakat Sungai Bilal.
Tim Pengembang Suku Tidung Nunukan Peringati HUT RI Ke-75 dengan Gembira  (81730)
Sumber Foto Herison S.Pd
Acara Ini mengangkat Tema “SUNGAI BILAL SOLID’ sebagai pemersatu masyarakat setempat dalam berkegiatan positif dan membangun sumber daya manusia unggul, mandiri dan berprestasi. Terbukti Taman Pelangi Perbatasan sebagai salah satu RT terpilih Se-kabupaten Nunukan yaitu RT.13 Kelurahan Nunukan Barat, dibawah pimpinan Ibu Arbayah dan Amelia, S.Pd sebagai Inisiator dan pengembang Suku tidung Kab. Nunukan.
Selanjutnya malam puncak acara dilanjutkan dengan penanda tanganan Berita Acara pencanangan Kampung Cerita yaitu Sungai bilal yang dilingkungan Kelurahan Nunukan Barat, oleh Bupati Nunukan, Kepala Dinas pariwisata pemuda dan olahraga, Kapolsek, Lurah Nunukan barat, Pemangku Adat, ketua RT.13 dan Tim Pengembang Suku Tidung oleh Herison, S.Pd, Amilia, S.Pd dan Siti Sabariah, S.Pd.”
ADVERTISEMENT
Berbagai jenis perlombaan yang digelar setiap perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus, seperti lomba balap karung, lari kelereng, panjat pinang dan lomba-lomba yang lain, merupakan bentuk kegembiraan sekaligus ungkapan rasa syukur atas nikmat kemerdekaan yang telah dianugerahkan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa kepada bangsa Indonesia.
Hal itu disampaikan Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Nunukan Muhammad Amin saat menutup kegiatan Semarak Perayaan Kemerdekaan di lingkungan RT 13, RT 16, dan RT 18 Sei Bilal, Nunukan Barat yang diselenggarakan di Taman Pelangi Perbatasan Sei Bilal, Minggu (30/8).
Tim Pengembang Suku Tidung Nunukan Peringati HUT RI Ke-75 dengan Gembira  (81731)
Sumber Foto Herison S.Pd
Menurut Muhammad Amin, karena merasa bahwa perayaan itu adalah milik seluruh rakyat maka semua kegiatan perayaan HUT kemerdekaan selalu dilaksanakan secara gotong royong. Mulai dari kegiatan membersihkan dan mempercantik lingkungan sekitar, mengadakan berbagai jenis lomba khas tujuh belasan, menggelar malam syukuran, semua dilakukan secara gotong royong dan bahu membahu tanpa melihat perbedaan suku, agama apalagi pilihan politik.
ADVERTISEMENT
“Lomba balap karung, pindah tepung, pindah batu estafet, mewarnai, vokal grup/paduan suara 17 Agustus dan lomba Tarian Japin selalu meriah dan akan selalu dikenang sampai kapanpun. Sedangkan bagi para remaja dan orang tua, lomba karaoke, lomba baca puisi atau sepak bola daster selalu menimbulkan kehebohan dan mengundang gelak tawa. Pendek kata, Perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan adalah hari yang penuh dengan kegembiraan bersama,” kata Muhammad Amin.
Tim Pengembang Suku Tidung Nunukan Peringati HUT RI Ke-75 dengan Gembira  (81732)
Foto Penyerahan Hadiah kepada Pemenang Lomba
Suasana gembira, dan sikap saling bergotong royong tanpa melihat perbedaan itulah yang semestinya mewarnai hari – hari kita sebagai sebuah bangsa. Apalagi di tengah situasi sulit seperti saat ini akibat merebaknya covid – 19, maka sikap – sikap tersebut akan menjadi modal yang sangat berharga bagi bangsa ini untuk tetap tegak dan menatap masa depan yang terang benderang.
ADVERTISEMENT
Penutupan Malam Semarak Perayaan kemerdekaan itu dihadiri oleh perwakilan Kodim 0911 Nunukan, Polsek Nunukan, tokoh masyarakat dan puluhan warga di Sei Bilal, Nunukan Barat. Muhammad Amin dalam kesempatan itu juga sempat menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba. “Jangan dilihat dari nilai hadiah yang diberikan, tetapi rasakan semangat kebersamaan dari hadiah -hadiah ini,” pungkasnya.

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white