kumparan
22 Apr 2017 16:52 WIB

Haruki Murakami, That One Genius Bastard

Haruki Murakami (Foto: DesktopBackgroundsTop.com)
Haruki Murakami.
Haruki membuat saya head over heels dengan gaya menulisnya yang tidak biasa. Penulis asal Jepang ini jugalah yang membuat saya ‘pindah agama’ dari Mitch Albom dan Paulo Coelho.
ADVERTISEMENT
Hingga saat ini.
I don’t know how to explain it in the best way possible, but his works are both true-to-life and surreal at the same time. And, even more, somewhere in between - you don’t know which is which. More often than not, his stories have this disturbing (re: damaging) effect to your mind and soul. In a good way. … I guess.
Beberapa karyanya bahkan mengingatkan saya dengan: 1) Spirited Away, film produksi Studio Ghibli, karena keabsurdannya yang di luar nalar manusia; dan 2) Your Name, film animasi Jepang karya Makoto Shinkai, karena alternate universe dan dampak emosional yang mempengaruhi penikmatnya.
Karya-karya Haruki seperti diciptakan dengan obsesi mendalam untuk menjelajahi dan memahami identitas manusia seutuhnya. And that’s the disturbing effect that I’m talking about. Tak hanya itu, pembacanya juga dibuat mempertanyakan eksistensi hidup mereka di dunia ini - What is the meaning of happiness? Who am I, really? Do I deserve this life? And this, that, and other stuffs? - karena kebanyakan tema yang diangkat Haruki adalah isolation dan dunia yang soliter. Dalam ceritanya, ia menawarkan perspektif tentang hidup, cinta, pengetahuan, serta kehilangan.
ADVERTISEMENT
Haruki mempunyai caranya sendiri untuk mengobrak-abrik keadaan psikis karakter-karakternya. Dengan begitu, ia mencoba memperlihatkan kepada pembacanya berbagai sisi manusia, even the darkest one, yang harus diterima dan diakui keberadaannya.
In short, gaya menulis, karakter-karakter nyeleneh, serta alam imajinasi Haruki yang sangat teramat liar dan gelap, yang pada akhirnya, membuat saya kepincut dan rindu untuk terus membaca karyanya. Dunia fiksi Haruki bisa dibilang merupakan sebuah bentuk eksplorasi ketidakjelasan arah. Seperti hidup ini.
Reading Haruki’s books is not just an experience. It is one hell of a rollercoaster ride.
Jika kamu baru dengan Haruki Murakami, berikut rekomendasi untuk mengisi koleksi katalog buku-bukumu. *(swipe and tap to see more)
emhhks8jdbyf3mbvj04tndzyy7fvzsawpbfkr7naxr5plouv0tdcyjejmtpbz9ebbze5rohioak947xhwxwxad74djmxgvrtecp5
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan