News
·
22 Februari 2021 6:20

ILUNI 30 Tegaskan Pentingnya Sinergi Alumni

Konten ini diproduksi oleh Syarif Yunus
Kata orang bijak “Hanya sedikit pekerjaan yang bisa dilakukan sendirian, namun ada banyak pekerjaan bisa diselesaikan secara bersama-sama.”
ADVERTISEMENT
Kata bijak itu bukan omong kosong. Sinergi sangat diperlukan siapa pun, organisasi apa pun. Inilah buktinya. Berkat organisasi alumni SMAN 30 Jakarta (ILUNI 30). Seorang aktivis-nya, Yennie, menghubungi saya sebagai alumni Angkatan 89 sebagai Pendiri Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di Kaki Gunung Salak Bogor. Untuk dihubungkan dengan alumni SMAN 30 Jakarta yang bermukim di Perancis (Destin Mu) sebagai aktivis di AAI (Association les Amis de l'Indonésie), sebuah lembaga sosial berpusat di Peranci yang fokus membantu bidang kemanusiaan, pendidikan, dan budaya yang dikelola oleh Warga Negara Perancis yang cinta Indonesia dan WNI yang bermukim di Perancis. Alhasil pada 13 Februari 2021, secara resmi AAI mengumumkan TBM Lentera Pustaka terpilih sebagai salah satu penerima proyek Pendidikan AAI tahun 2021-2022 berupa bantuan biaya operasional pendidikan nonformal seperti: akses internet, listrik, remunerasi guru, dan biaya program bulanan.
ADVERTISEMENT
Tidak ada yang menyangkal, di manapun, organisasi alumni dan peran alumni bukan hanya penting. Tapi lebih dari itu, Ikatan Alumni pastinya dapat menjadi ujung tombak dalam meningkatkan reputasi sekolah di mata publik, menjalin sinergi yang produktif dan bermanfaat, serta sarana silaturahim. Karena faktanya, hampir semua sekolah atau kampus yang “berkualitas” selalu ditopang oleh Ikatan Alumni yang kuta pula. Yang pada gilirannya akan dapat meningkatkan mutu lulusan sekolah tersebut. Jadi, alumni adalah aset penting yang harus dirangkul dan dikembangkan oleh setiap sekolah, tidak terkecuali alumni SMAN 30 Jakarta yang disebut ILUNI 30.
Adalah sebuah imbauan, agar alumni di manapun untuk bersinergi. Sinergi para alumni, termasuk alumni SMAN 30 Jakarta yang tergabung dalam ILUNI 30. Karena dengan sinergi, para alumni dapat membangun dan memastikan hubungan kerjasama internal yang produktif serta kemitraan yang harmonis. Hingga mampu melakukan kegiatan dan menghasilkan karya yang bermanfaat dan berkualitas untuk masyarakat, untuk orang banyak.
ADVERTISEMENT
Membangun sinergi memang tidak mudah. Karena sebagai manusia, para alumni itu unik dan mempunyai karakter yang beragam. Tapi siergi harus terus diupayakan apapun kondisinya, Apalagi di era yang terbuka seperti sekarang, era revolusi industri atau era digital, Sinergi adalah harga mati. Apapun tidak akan bisa jalan sendiri-sendiri. Bukan zamannya lagi. Maka sinergi atau kolaborasi diperlukan setiap orang apalagi organisasi alumni. Jadi, MEMULAI membangun SINERGI tidak ada kata terlambat untuk dilakukan.
ILUNI 30 Tegaskan Pentingnya Sinergi Alumni (52873)
ILUNI 30 saat bakti sosial di TBM Lentera Pustaka di Kaki Gunung Salak Bogor
Suka tidak suka, membangun sinergi para alumni tidak bisa disangkal lagi. Harus dimulai dan diwujudkan bersama-sama. Ketahuilah, alumni yang sukses pasti ada peran sekolahnya. Dan sebaliknya, sekolah yang “mentereng” pasti ditopang alumni yang kuat. Tapi sangat disayangkan, bila di antara alumni atau sekolah tidak mampu “bersinergi” di era seperti sekarang. Akhirnya, jalan sendiri-sendiri lagi. Tidak ada sinergi, tidak ada kepedulian.
ADVERTISEMENT
Yukk, kita pikirkan dan renungkan bersama! Faktanya, sekolah mana yang punya “nama besar” di situ pasti Ikatan Alumninya kuat. Sekolah mana yang “mentereng”, karena di situ ada kumpulan alumni yang sinergi dan mau berkolaborasi. Sekolah mana yang dulunya “jelek” sekarang “bagus”. Karena alumninya ikut terlibat dalam “membesarkan” sekolahnya sendiri. Maka sinergi, lagi-lagi mutlak harus diwujudkan. Sinergi alumni itu sangat-sangat penting, bukan urusan tetek bengek. Tidak ada waktu lagi untuk berdiskusi panjang. Atau berdebat lagi tentang urusan alumni. Semuanya harus dimulai dari “sinergi’ lalu eksekusi. Termasuk untuk alumni SMAN 30 Jakarta, sekolah yang terletak di bilangan Rawasari by-pass Jakarta Pusat.
Tanpa panjang lebar dan konkret saja. Di Pundak ILUNI 30 dan anggotanya, sinergi alumni SMAN 30 Jakarta dapat diwujudkan. Untuk itu, butuh kelapangan hati, pikiran yang terbuka, dan kesediaan berkontribusi. Dengan penuh komitmen dan keberanian untuk berbuat, bukan berteori lagi. Hanya ada satu kata sinergi.
ADVERTISEMENT
Maka siapapun, selagi alumni harus menyadari. Bahwa alumni harus ber-sinergi dan patut dipelihara dengan baik. Sebagai bagian dari ekosistem pendidikan dan sosial yang dapat berkontribusi positif. Jangan lagi tercerai-berai atau berceceran sendiri. Karena “serigala itu hanya memangsa domba atau binatang yang keluar dari rombongannya”.
SINERGI adalah agenda terbesar ikatan alumni, di mana pun.
Seperti kata Yemo Wakulu, Ketua ILUNI 30, “Iluni 30 not the goal, but bridge to reach the goal - Iluni 30 bukan tujuan, tapi jembatan untuk mencapai tujuan”. Karena kita adalah HOMO HOMINI SOCIUS - manusia adalah teman bagi sesama. ILUNI 30, PASTI BISA! #AlumniSekolah #ILUNI30 #IkatanAlumni