Pencarian populer
USER STORY
29 April 2019 21:06 WIB
0
0

"Ngabuburit Baca" Selama Ramadhan di Taman Bacaan Lentera Pustaka

Ada banyak cara menyambut dan mengisi hari-hari selama bulan suci Ramadhan. Tapi satu yang pasti, jangan anggap bulan puasa sebagai beban. Tapi jadikan sebagai bulan yang penuh rahmat-Nya. Maka, semangat dan niat baik harus dioptimalkan selama bulan puasa.
ADVERTISEMENT
Untuk membangun tradisi baru di bulan puasa, Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka selenggarakan program "Ngabuburit Baca" selama di bulan Ramadhan tahun 2019. Dengan ngabuburit baca, tiap jam baca sore hari sekitar 60 anak pembaca aktif akan 1) mengaji khotmil Quran dan 2) membaca buku bacaan tentang akhlak dan religius. Kegiatan ini berlangsung 3 hari (Rabu-Jumat-Sabtu) dalam seminggu. Bahkan tiap Sabtu, TBM Lentera Pustaka pun akan siapkan takjil dan menu berbuka puasa.
"Program 'Ngabuburit Baca' mulai diterapkan tahun ini. Setelah anak-anak terbiasa membaca buku, kini saatnya membangun akhlak mereka. Karena akhlak adalah landasan peradaban manusia. Untuk itu, TBM Lentera Pustaka ikut bertanggung jawab dalam membentuk akhlak anak-anak" ujar Syarifudin Yunus, Pendiri dan Kepala Program TBM Lentera Pustaka.
ADVERTISEMENT
Taman Bacaan Lentera Pustaka gelar "Ngabuburit Baca" selama Ramadhan 2019
Melalui "Ngabuburit Baca" selama bulan puasa, anak-anak diharapkan bisa lebih cinta dan dekat kepada Allah SWT. Sehingga mereka sadar, bahwa mereka adalah insan istimewa yang Allah tahu dan pasti "mengistimewakan" mereka, anak-anak yang rajin membaca. Maka harus lakukan apa yang disenangi Allah, bukan meratapi keadaan.
Ngabuburit Baca selama bulan puasa juga menjadi bagian TBM Lentera Pustaka mengkampanyekan akan pentingnya membaca buku di kalangan anak-anak sekolah. Apalagi di tengah gempuran era digital dan pergaulan anak yang tidak jelas. Maka untuk selamatkan masa depan anak-anak, sangat penting membangun tradisi baca dan budaya literasi.
Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di Kp. Warung Loa Desa Sukaluyu Kec. Tamansari di Kaki Gunung Salak Bogor saat ini dikenal sebagai taman bacaan yang kreatif dan inovatif. Sekitar 60 anak pembaca aktif yang ada telah mampu membaca 5-10 buku per minggu. Sebuah capaian yang patut disyukuri.
ADVERTISEMENT
"Zaman telah berubah. Maka kita harus mencari cara agar anak-anak mau membaca. Karena tidak ada masa depan tanpa membaca. Kita ingin anak-anak tetap bergelut dengan buku di bulan puasa" ujar Syarifudin Yunus, yang juga Dosen Unindra dan mahasiswa S3 Pascasarjana Unpak.
Untuk diketahui, saat ini TBM Lentera Pustaka memiliki koleksi 3.000 buku bacaan dan dikelola oleh 2 petugas honorer, di samping menyediakan fasilitas free wifi. Ke depannya, kawasan di sekitar TBM Lentera Pustaka rencananya akan dijadikan "kampung baca" sebagai komitmen membangun tradisi baca dan budaya literasi yang kuat di kalangan anak-anak. Bahkan lebih dari itu, TBM Lentera Pustaka pun tengah melakukan studi penjajakan untuk mengembangkan "Wisata Literasi Lentera Pustaka", sebuah wisata edukasi berbasis membaca buku sambil melakukan perjalanan di sungai dan kebun yang dilengkapi spot-spot foto menarik.
ADVERTISEMENT
"Kita tahu, peradaban zaman now telah menyingkirkan buku dari kehidupan anak-anak. Untuk itu, TBM Lentera Pustaka ingin anak-anak di sini tetap bergelut dengan buku. Demi tegaknya tradisi baca, di samping mampu melawan ganasnya era digital atau smartphone," tambah Syarifudin Yunus lagi.
Maka pesan penting di bulan puasa. Jangan habiskan waktu anak-anak untuk bergelut dengan masalah. Tapi beri kesempatan mereka untuk bergelut dengan buku.
Ngabuburit Baca selama bulan puasa di TBM Lentera Pustaka. Pada akhirnya ingin bertutur "bila kita ingin anak-anak mencintai agama dan Allah SWT. Maka belajar dan mendekatlah kepada-Nya".
Selamat Bulan Puasa, salam "Ngabuburit Baca" TBM Lentera Pustaka... #TBMLenteraPustaka #BacaBukanMaen #BudayaLiterasi #RamadhanDiTamanBaca
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80