Persiapkan Disertasi, Mahasiswa S3 MP Unpak Gelar Diskusi Ilmiah

Dosen Unindra - Direktur Eksekutif Asosiasi DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan) - Konsultan - Mhs S3 MP Unpak - Pendiri TBM Lentera Pustaka
Konten dari Pengguna
12 Desember 2019 8:48
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Syarif Yunus tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Di penghujung kuliah, mahasiswa S3 Program Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Pakuan (Unpak) Bogor menggelar “Diskusi Persiapan Disertasi”. Hal ini dilakukan untuk antisipasi agar dapat menyelesaikan studi tepat waktu. Sekitar 24 mahasiswa Angkatan 2018 KS 2 berkomitmen menyiapkan judul disertasi dan bisa meraih gelar Doktor Manajemen Pendidikan pada tahun 2021. Karena mereka sadar, mampu kelar tepat waktu di program Doktor memang tidak mudah.
ADVERTISEMENT
Karena memang faktanya, banyak mahasiswa S3 justru tidak mengalami masalah saat kuliah. Akan tetapi, penyelesaian disertasi yang terbengkalai. Hingga konsekuensinya banyak mahasiswa S3 yang “gagal” menyelesaikan studi tepat waktu. Alias molor. Berangkat dari kesadaran itu, diskusi persiapan disertasi dilakukan mahasiswa S3 Program Doktor Manajemen Pendidikan Unpak hari ini (12/12/2019). Dipandu oleh Dr. Dadang Jaenudin, M.Si, kegiatan diskusi berlangsung penuh kesungguhan dan perdebatan.
Peserta diskusi menyadari hambatan akademik menyelesaikan disertasi pada akhirnya akan berdampak pada problem non akademis, seperti: sibuk, pekerjaa, bahkan mood menulis disertasi. Alasan dan kendala itulah yang harus diantisipasi agar tidak terjadi saat menyusun disertasi. Maka mahasiswa S3 kelas 2018 KS 2 sadar betul akan banyaknya gangguan dan tantangan saat menyusun disertasi. Tapi itu semua harus dilawan dengan komitmen dan kesungguhan yang luar biasa. Agar disertasi dapat selesai tepat waktu.
Diskusi ilmiah persiapan disertasi Mahasiswa S3 MP Unpak
zoom-in-whitePerbesar
Diskusi ilmiah persiapan disertasi Mahasiswa S3 MP Unpak
Momentum diskusi persiapan disertasi mahasiswa S3 MP Unpak pun menjadi upaya untuk memperkuat tekad selesaikan studi tepat waktu. Untuk itu, kata kuncinya adalah dua hal yaitu 1) manajemen waktu dan 2) komunikasi. Apapun masalahnya, keberhasilan menyelesaikan studi dan meraih Doktor hanya soal manajemen waktu dan soal komunikasi. Bila gagal pun, pasti sebabnya akibat gagal mengelola waktu dan gagal berkomunikasi.
ADVERTISEMENT
Melalui kegiatan diskusi persiapan disertasi ini, mahasiswa S3 Manajemen Pendidikan Unpak pun menyepakati beberapa hal sebagai komitmen selesaiakan disertasi tepat waktu dan bisa meraih gelar Doktor pas 3 tahun atau lebih sedikit. Pentingnya mempersiapkan disertasi bagi mahasiswa S3 sangatlah penting. Sebagai karya ilmiah yang wajib disusun, diajukan dan dipertanggungjawabkan oleh mahasiswa untuk memenuhi persyaratan akademik dalam rangka menyelesaikan studi dan meraih gelar doktor. Maka, disertasi wajib disusun mahasiswa melalui suatu rangkaian kegiatan penelitian yang bersifat asli (original), berlandaskan kaidah-kaidah ilmu pengetahuan (keilmiahan), metodologi ilmiah dan sikap mental ilmuwan (jujur, kreatif, berani, terbuka, bertanggung jawab, dan menjunjung tinggi kebenaran).
Disertasi harus bersifat asli, dan memiliki karakteristik: a) sesuatu (sintesa atau interpretasi baru) yang belum pernah dibuat orang lain, b) meneliti suatu topik yang belum pernah diteliti orang lain, c) menguji pengetahuan dengan cara asli (original), d) menambah pengetahuan dengan cara yang belum dilakukan sebelumnya, e) menulis, merumuskan dan menyampaikan informasi baru untuk pertama kali, dan f) mengembangkan sebuah karya yang berasal dari pemikirannya sendiri dan belum pernah dikerjakan atau dikembangkan oleh orang lain.
ADVERTISEMENT
Mahasiswa S3 Manajemen Pendidikan Unpak pun bersepakat disertasi yang disusun setidaknya harus 1) mendeskripsikan secara empirik variabel yang diteliti, 2) memiliki implikasi yang luas dalam penerapannya di masyarakat, 3) mengembangkan (inovasi atau temuan baru) yang berguna bagi ilmu pengetahuan dan kehidupan manusia, dan 4) menghasilkan langkah tindakan yang konkret.
Kuliah S3 memang tidak mudah. Tapi menuntaskan disertasi jauh lebih tidak mudah. Karena itu dibutuhkan komitmen yang luar biasa. Karena hakikatnya, semua orang dan siapapun pasti senang studi senang belajar. Tapi mereka sering lupa, studi terbaik adalah mampu menyelesaikan urusannya sendiri, bukan urusan orang lain. Karena kalau bukan kita sendiri siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi?
Studi itu biasa; yang luar biasa itu bila kita berani memulai dan berani mengakhirinya dengan tuntas; termasuk disertasi ….PascaUnpak #S3MP2018KS2 #Unpak
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·