KKN Tematik UPI 2022: Menghidupkan Kembali Perpustakaan SDN Kemang 02

Mahasiswi Pendidikan Bahasa Korea - Universitas Pendidikan Indonesia
Konten dari Pengguna
6 Agustus 2022 21:42
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Syelvira Maharani Dewi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Kelompok Kecil 112 bersama Kepala Sekolah dan Guru SDN Kemang 02
zoom-in-whitePerbesar
Kelompok Kecil 112 bersama Kepala Sekolah dan Guru SDN Kemang 02
ADVERTISEMENT
Pada tahun ini Universitas Pendidikan Indonesia kembali menyelenggarakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG's Desa dan MBKM. Program KKN ini diikuti oleh sekitar 7.089 mahasiswa dari berbagai jurusan dan fakultas di Universitas Pendidikan Indonesia. Terdapat 8 tema besar dengan 19 sub tema. 8 tema besar ini meliputi ‘Desa Tanpa Kemiskinan dan Kelaparan’, ‘Desa Peduli Kesehatan’, ‘Desa Peduli Pendidikan’, ‘Desa Ramah Perempuan’, ‘Desa Ekonomi Merata’, ‘Desa Peduli Lingkungan’, ‘Desa Berjejaring’ dan ‘Desa Tanggap Budaya’. Program ini berlangsung dari tanggal 11 Juli 2022 sampai 10 Agustus 2022. Pelaksanaan program KKN ini diharapkan dapat dilaksanakan secara daring, namun karena persentase kasus COVID-19 di Indonesia sudah mulai menurun di beberapa daerah, maka pelaksanaan program ini disesuaikan dengan kebijakan daerah masing-masing mahasiswa. Bila dapat dilaksanakan secara luring, mahasiswa tetap harus mematuhi protokol kesehatan dan tidak mendirikan posko di desa tersebut.
ADVERTISEMENT
Kelompok 112 mendapatkan tema besar ‘Desa Peduli Pendidikan’, yang mana untuk pelaksanaanya satu kelompok besar yang berisi 30 orang dibagi menjadi beberapa kelompok kecil berisi sekitar 3-5 orang mahasiswa. Desa yang menjadi mitra kelompok kecil kami adalah Desa Kemang, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kegiatan KKN ini dimulai dengan mengurus perizinan kepada pihak Desa Kemang. Pihak Desa Kemang menerima mahasiswa dengan baik dan sangat terbuka. “Jujur saya senang dengan adanya adik-adik mahasiswa di desa kami untuk membantu pemberdayaan masyarakat dan sekolah-sekolah di desa kami. Anak-anak disini sangat antusias bila melihat kakak-kakak mahasiswa yang sedang KKN di desa ini, dan saya harap dengan kedatangan kalian di desa ini dapat meningkatkan minat anak-anak untuk kuliah.” tutur bapak Rahmat sebagai Sekretaris Desa Kemang. Berkaitan dengan tema yang didapatkan oleh kelompok 112, pihak Desa Kemang juga membantu merekomendasikan sejumlah sekolah yang dianggap cocok sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan KKN Tematik ini.
ADVERTISEMENT
Kelompok kami memilih 2 sekolah dari 19 sekolah yang telah direkomendasikan oleh pihak desa, yaitu SDN Kemang 02 dan SMPN 2 Kemang sebagai tempat untuk melaksanakan program KKN. Untuk programnya sesuai dengan permintaan dosen pembimbing lapangan kami, kelompok kami membagi programnya menjadi program individu yang kami laksanakan di SMPN 2 Kemang dan program bersama di SDN Kemang 02. Setelah mengurus perizinan dengan pihak sekolah, kami memulai program kami pada tanggal 18 Juli 2022, bersamaan dengan hari pertama masuk sekolah. Program individu yang saya laksanakan yaitu 1) memperkenalkan salah satu lagu anak-anak Korea Selatan dan belajar sapaan dalam bahasa Korea untuk mengisi demo ekstrakurikuler; 2) membantu guru-guru dalam hal pengarsipan, penataan, dan membantu tim adiwiyata menjaga kebersihan sekolah, mengingatkan siswa untuk menjaga kebersihan serta selalu menaati protokol kesehatan untuk mempersiapkan SMPN 2 Kemang dalam mengikuti program akreditasi; 3) membuat infografis dan tutorial dalam bentuk video mengenai Penggunaan Kahoot! sebagai Media Evaluasi Pembelajaran untuk diperkenalkan kepada guru-guru agar guru memiliki referensi lain dalam hal media evaluasi pembelajaran yang lebih menarik untuk para siswa. Sedangkan untuk program bersama, kelompok kecil kami memilih untuk merevitalisasi perpustakaan di SDN Kemang 02.
Kegiatan Revitalisasi Perpustakaan SDN Kemang 02
zoom-in-whitePerbesar
Kegiatan Revitalisasi Perpustakaan SDN Kemang 02
Setelah berdiskusi dengan kepala sekolah dan guru SDN Kemang 02, pihak sekolah menerima program yang kami buat. “Minat baca anak-anak sekolah ini tinggi. Dulu waktu ada perpustakaan keliling ke sekolah ini, anak-anak langsung ngerubungin mobilnya kaya semut! Pihak perpustakaan kelilingnya juga kaget karena jarang liat anak-anak antusias banget mau baca atau minjam buku.” tutur ibu Oneng sebagai Kepala Sekolah SDN Kemang 02. Sekolah ini memiliki perpustakaan dengan jumlah buku yang banyak, namun sangat disayangkan karena adanya COVID-19 perpustakaan menjadi tidak terurus dan anak-anak tidak dapat mengunjungi perpustakaan lagi, sehingga perpustakaan beralih fungsi sementara menjadi gudang buku.
ADVERTISEMENT
Kami memulai program bersama ini dengan survei perpustakaan SDN Kemang 02 untuk melihat bagaimana kondisi perpustakaan, lalu kami lanjutkan dengan mendata dan mengklasifikasikan buku-buku yang ada, memilah buku-buku yang sudah tidak layak karena sobek dan dimakan rayap, menata kembali perpustakaan, membuat label untuk setiap jenis buku dan membuat pohon literasi, serta membagi ruangan menjadi ruangan untuk perpustakaan dan untuk kegiatan ekstrakurikuler Pramuka. Kegiatan revitalisasi perpustakaan SDN Kemang 02 membutuhkan waktu sekitar 8 hari, dimulai pada tanggal 18 Juli 2022 dan selesai pada tanggal 5 Agustus 2022. Kami melakukan program bersama ini setelah selesai mengerjakan program individu di SMPN 2 Kemang, tidak setiap hari kami melakukan program ini, namun sedikit demi sedikit perpustakaan SDN Kemang 02 dapat kembali hidup dan dapat digunakan oleh siswa-siswa yang antusias untuk membaca buku.
Before & After Perpustakaan SDN Kemang 02
zoom-in-whitePerbesar
Before & After Perpustakaan SDN Kemang 02
Kami berharap dengan usaha kami untuk merevitalisasi perpustakaan SDN Kemang 02 dapat meningkatkan minat baca siswa dan perpustakaan dapat menjadi tempat yang menyenangkan untuk memperoleh pengetahuan baru bagi siswa siswi SDN Kemang 02.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020