• 0

Buru Pelaku Truk Maut Berlin, Polisi Tawarkan Uang Rp 1,4 Miliar

Buru Pelaku Truk Maut Berlin, Polisi Tawarkan Uang Rp 1,4 Miliar



Isis Mengaku Bertanggung jawab

Terhadap Insiden di Berlin (Foto: )
Polisi Jerman masih memburu seorang pencari suaka asal Tunisia bernama Anis Amri yang diduga terkait insiden maut di Pasar Natal Berlin. Bahkan pihak keamanan telah menyiapkan uang sebesar 104 ribu dolar AS atau setara Rp 1,4 miliar sebagai imbalan bagi mereka yang mengetahui informasi mengenai Anis.
"Hati-hati: Dia bisa menjadi kekerasan dan bersenjata!" tulis pengumuman di kantor federal kejaksaan setempat seperti dilansir Reuters, Kamis (22/12).
Pada pengumuman itu, Anis yang berusia 24 tahun itu digambarkan sebagai orang dengan tinggi 1,78 meter dengan rambut hitam dan mata coklat. Identitas Anis ditemukan pihak keamanan di bawah kursi pengemudi truk yang menewaskan 12 orang itu.
Menteri Dalam Negeri di Negara Bagian North Rhine-Westphalia, Ralf Jaeger, menyebut pria Tunisia itu tiba di Jerman pada bulan Juli 2015. Menurut Ralf, Anis sempat mengajukan suaka, namun ditolak.

Terduga Memiliki Kaitan dengan Insiden Berlin

Seorang Tunisia dengan nama Anis Amri yang diduga memiliki kaitan dengan insiden Berlin. (Foto: Dokumentasi German Bundeskriminalamt (BKA) / Reuters)
Anis diduga telah menggunakan nama lain dan teridentifikasi agensi keamanan pernah menjalin komunikasi dengan sebuah jaringan Islam. Otoritas keamanan menyebut Anis sebagai orang dengan berpotensi menjadi ancaman sejak bulan November.
Anis seharusnya telah dideportasi setelah aplikasi pencarian suakanya ditolak. Namun dia urung dikembalikan ke Tunisia lantaran dokumennya hilang.
Pada insiden Berlin, setidaknya 12 orang menjadi korban meninggal usai ditabrak oleh truk di Pasal Natal Berlin, Senin (19/12). Truk tersebut menggilas kerumunan orang yang tengah berkumpul di pasar.

Insiden Berlin Insiden Truk BerlinInternasionalJerman

500

Baca Lainnya