• 7

Hari Ini Hakim Putuskan Kelanjutan Sidang Ahok

Hari Ini Hakim Putuskan Kelanjutan Sidang Ahok



Sidang Lanjutan Ahok

Jaksa Penuntut Umum membacakan tanggapan eksepsi yang disampaikan Ahok pada persidangan sebelumnya. (Foto: Pool)
Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok kembali akan menjalani sidang dugaan penistaan agama di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Selasa (27/12). Sidang kali ini beragendakan pembacaan putusan sela oleh Majelis Hakim.
Ahok didakwa telah melakukan penistaan agama berupa penghinaan terhadap Al-Qur'an serta ulama. Penghinaan itu terkait dengan pernyataan Ahok yang menyinggung soal surat Al-Maidah ayat 51.
Dia dijerat dengan Pasal 156a atau Pasal 156 KUHP. Ancaman pidana yang diatur dalam pasal itu maksimal 5 tahun penjara.
Usai pembacaan dakwaan pada persidangan sebelumnya, Ahok dan pengacaranya langsung mengajukan nota keberatan atau eksepsi. Pada nota keberatannya itu, Ahok membantah dakwaan jaksa yang menyebutnya melakukan penistaan agama.
Ahok dan pengacara meminta agar majelis hakim membatalkan surat dakwaan yang disusun oleh penuntut umum. Sementara pihak penuntut umum pada tanggapannya menyebut dakwaan sudah sesuai. Penuntut Umum meminta hakim melanjutkan perkara.
Hari ini, majelis hakim akan membacakan putusan atas keberatan yang diajukan oleh Ahok dan pengacaranya. Jika keberatan Ahok diterima, maka surat dakwaan bisa dinyatakan batal dan perlu disusun ulang. Namun apabila keberatan ditolak, maka sidang akan dilanjutkan ke tahap pembuktian dengan pemeriksaan saksi.

Breaking NewsHukumNewsSidang AhokAhok

500

Baca Lainnya