• 1

Jaksa Klaim Proses Hukum Ahok Sesuai Prosedur

Jaksa Klaim Proses Hukum Ahok Sesuai Prosedur



Sidang Lanjutan Ahok

Jaksa Penuntut Umum membacakan tanggapan eksepsi yang disampaikan Ahok pada persidangan sebelumnya. (Foto: Pool)
Jaksa penuntut umum menyatakan proses hukum terhadap Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok telah sesuai prosedur. Jaksa membantah anggapan kubu Ahok yang menuding proses hukum atas dugaan penistaan agama itu cacat, misalnya karena cepatnya pelimpahan berkas perkara ke pengadilan.

"Proses hukum telah sesuai dengan ketentuan, waktu 14 hari (batas waktu maksimal pelimpahan) tidak wajib dipakai seluruhnya," kata jaksa Ali Mukartono saat membacakan tanggapan atas eksepsi di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat, Selasa (20/12).

Ahok dalam sidang lanjutan.

Ahok dalam sidang lanjutan kasus dugaan penistaan agama di PN Jakarta Utara. (Foto: Antara)

Selain itu, tim kuasa hukum juga mempermasalahkan soal penetapan tersangka terhadap Ahok. Tapi Ali berdalih dengan menyebut penetapan status tersangka adalah ranah polisi.

Sidang Lanjutan Ahok

Ahok menoleh ke barisan penonton di ruang sidang. Dia hadir sebagai terdakwa di sidang lanjutan kasus dugaan penistaan agama. (Foto: Pool)

"Keberatan ini domain Polri. Oleh karena itu menurut penuntut umum jika penetapan tersangka tidak sesuai, seharusnya diajukan dalam sidang praperadilan," kata Ali.


Breaking NewsNewsHukumAhokSidang Ahok

500

Baca Lainnya