• 1

KPK Duga Pejabat Bakamla Dijanjikan Belasan Miliar

KPK Duga Pejabat Bakamla Dijanjikan Belasan Miliar





Ilustrasi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi

Ilustrasi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi Jalan HR Rasuna Said Kavling C1 Jakarta Selatan (Foto: Aldis Shanahan Raiputra Tannos)

KPK menduga Deputi bidang Informasi, Hukum, dan Kerja Sama Bakamla, Eko Susilo Hadi, dijanjikan uang hingga belasan miliar sebagai imbalan untuk memuluskan PT Melati Technofo Indonesia (MTI) memenangkan tender proyek satellite monitoring di Bakamla.

Eko diduga dijanjikan imbalan sebesar 7,5 persen dari nilai proyek pengadaan satellite monitoring sebesar Rp 220 miliar. Artinya, fee yang dijanjikan itu mencapai Rp 16,5 miliar.

"Nilai keseluruhan mungkin sekitar itu," kata Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata saat dikonfirmasi kumparan, Jumat (16/12).

Pejabat Bakamla Ditangkap KPK

Pejabat Bakamla Eko Susilo Hadi resmi ditetapkan sebagai kasus tersangka korupsi oleh KPk. (Foto: Aldis Tannos/Kumparan)

Namun uang yang dijanjikan itu belum semua diterima oleh Eko. Dia tertangkap usai menerima uang setara Rp 2 miliar dari pihak PT MTI.

Barang Bukti OTT KPK Bakamla

Petugas menunjukkan barang bukti (Foto: aldis tannos)

Pemberian uang dalam bentuk mata uang asing itu diduga sebagai pemberian pertama kepada Eko. "Ada permintaan agar sebagian dibayar di muka. Untuk ESH (Eko) itu penerimaan yang pertama," ungkap Alex.

Breaking NewsNewsOTT KPK

500

Baca Lainnya