• 0

KPK Usulkan Proyek Satelit Bakamla Ditunda

KPK Usulkan Proyek Satelit Bakamla Ditunda




Barang bukti OTT KPK

Petugas menunjukkan barang bukti (Foto: Aldis)

KPK mempertimbangkan akan mengusulkan penundaan proyek pengadaan alat satellite monitoring yang berada di Badan Keamanan Laut (Bakamla). Lembaga antirasuah itu menduga proyek yang nilainya ratusan miliar itu sarat korupsi.

"KPK punya kewenangan sesuai Pasal 12 untuk mengusulkan menghentikan proyek sementara dan sejenisnya itu," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK Jakarta, Kamis (15/12).

Jubir KPK Febri Diansyah

Jubir KPK Febri Diansyah (Foto: Wahyu Putro/ANTARA)

Menurut Febri, pihaknya masih terus mendalami kasus yang menjerat Deputi bidang Infomasi, Hukum, dan Kerja Sama, Bakamla, Eko Susilo Hadi tersebut. Pendalaman dilakukan untuk menelusuri kemungkinan proyek lain di Bakamla juga terindikasi suap.

"Memang harus dilihat lebih jauh apakah benar-benar di proyek itu atau ada pihak-pihak tertentu yang memanfaatkan momentun, " kata Febri.

Terkait kasus ini, KPK telah menetapkan empat orang sebagai tersangka. Eko selaku penerima suap dijerat dengan Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Pemberantasan Korupsi.

Barang Bukti OTT KPK Bakamla

Petugas menunjukkan barang bukti (Foto: aldis tannos)

Adapun sebagai penerima suap, KPK menjerat Hardy Stefanus, Muhammad Adami Okta serta Direktur PT Melati Technofo Indonesia, Fahmi Darmawansyah. Ketiganya dijerat dengan Pasal 5 ayat 1 huruf a atau Pasal 5 ayat 1 huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Pemberantasan Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Breaking NewsNewsOTT KPK

500

Baca Lainnya