• 3

Majelis Hakim Tolak Keberatan Ahok

Majelis Hakim Tolak Keberatan Ahok



Ahok di Dalam Ruang Sidang

Ahok sudah berada di dalam ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Utara (Foto: Marcia Audita)
Majelis hakim menolak poin-poin keberatan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok atas dakwaan penuntut umum. Majelis menilai poin keberatan Ahok sudah masuk ke dalam materi perkara.
Pada keberatannya atas dakwaan penistaan agama, Ahok mengungkapkan sejumlah poin. Salah satunya adalah tidak ada niat dia untuk menistakan agama Islam dengan menyinggung surat Al-Maidah ayat 51.
Ahok juga sempat menjelaskan mengenai maksud ucapannya yang menyinggung soal surat Al-Maidah ayat 51. Menurut Ahok, ucapannya itu ditujukan kepada oknum elite yang dinilainya menyalahgunakan potongan ayat Al-Qur'an tersebut.
Selain itu, Ahok juga pada nota keberatannya menjelaskan soal program-program yang menurutnya pro-kepada umat Islam. Seperti di antaranya membangun masjid, menggaji para guru ngaji, serta mengirimkan para penjaga masjid atau marbot berangkat naik haji.
Namun semua poin keberatan Ahok tersebut ditolak oleh majelis hakim.
"Pengadilan berpendapat keberatan tersebut bukan termasuk keberatan KUHAP, berkaitan dengan materi dakwaan atau pokok perkara," kata Hakim Abdul Rosyad saat membacakan pertimbangan dalam putusan sela, di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Selasa (27/12).

Ali Mukartono Memasuki Ruang Sidang Ahok

Jaksa Ali Mukartono sudah memasuki ruang sidang Ahok di PN Jakarta Utara (Foto: Marcia Audita)
Menurut hakim, poin-poin keberatan Ahok itu baru akan dipertimbangkan dan diputuskan setelah pembuktian. "Sudah seharusnya keberatan terdakwa dinyatakan tidak dapat diterima," ujar Hakim.

Breaking NewsNewsHukumAhokSidang Ahok

500

Baca Lainnya