• 1

Pengamanan Diperketat Jelang Misa di Katedral

Pengamanan Diperketat Jelang Misa di Katedral



Pengamanan Natal di Katedral

Pemeriksaan tas sebelum masuk kedalam Katedral (Foto: Aprilandika Pratama)
Umat Katolik mulai memadati Gereja Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat, untuk menghadiri misa malam Natal, Sabtu (24/12). Guna menjaga kenyamanan serta kekhusyukan jemaat dalam menjalankan misa malam Natal, pihak keamanan memperketat akses masuk ke gereja.
Di lokasi, terpasang dua metal detector tepat berada di pintu masuk gereja. Setiap jemaat yang masuk diharuskan melewati metal detector itu.
Setelahnya, jemaat kembali diperiksa barang bawaannya oleh pihak panitia penyelenggara. Setiap tas yang dibawa jemaat nampak dibuka satu persatu untuk diperiksa.

Jelang Natal 2016

Panitia Natal di Katedral melakukan pemeriksaan tas (Foto: Aprilandika Pratama)
Meski acara misa pertama baru akan dimulai sekitar pukul 17.00 WIB, namun jemaat telah antusias memadati gereja dan pelataran gereja sejak pukul 15.00 WIB.
Jemaat yang jumlahnya sekitar ribuan itu sudah tidak tertampung di dalam gereja. Panitia telah menyediakan tenda serta layar lebar di bagian luar gereja untuk para jemaat yang tidak bisa masuk.

Jelang Natal 2016

Suasana menjelang misa Natal di Katedral (Foto: Aprilandika Pratama)
Di luar area gereja, petugas kepolisian masih terus menjaga keamanan jalan akses menuju dan ke arah gereja. Untuk kantong parkir sendiri pihak kepolisian mengarahkan jemaat untuk memarkirkan kendaraannya di lahan parkir Masjid Istiqlal, Kantor Pos Besar, serta Sekolah Santa Ursula yang terletak tepat di belakang gereja.
Isu keamanan yang santer akhir-akhir ini tidak mengurangi antusias jemaat. Menikmati khusyuknya suasana gereja dan damainya kasih Natal.

NewsNatalNatal 2016

500

Baca Lainnya