• 0

Pengamanan Katedral Jelang Natal, Barracuda dan Gegana Disiapkan

Pengamanan Katedral Jelang Natal, Barracuda dan Gegana Disiapkan



Gereja Katedral

H-1 situasi gereja Katedral di Jakarta Pusat (Foto: Aprilandika Pratama/kumparan)
Kepolisian melakukan persiapan pengamanan jelang malam Natal di Gereja Katedral Jakarta. Sejumlah polisi serta kendaraan taktis seperti Barracuda dan mobil gegana sudah disiapkan di lokasi.
"Kegiatan pengamanan perayaan Natal sudah merupakan rutinitas tiap tahun dan merupakan kewajiban dari rangkaian 3 pilar yaitu TNI, Polri, dan pemerintah daerah dalam hal ini diwakili Satpol PP. Tren pengamanan tersebut sifatnya berulang tiap tahunnya," kata Kapolsek Sawah Besar Komisaris Polisi Ridwan R.S kepada kumparan di lokasi, Sabtu (24/12).

Keamanan Jelang Natal

Persiapan keamanan jelang malam misa Nata (Foto: Aprilandika Pratama/kumparan)
Disinggung mengenai jumlah personil yang diturunkan untuk pengamanan, Ridwan mengaku belum bisa merincikan jumlahnya. "Pagi ini masih kekuatan sektoral dari Sawah Besar kurang lebih 100 personil. Kami masih melihat kondisi dan hasil analisis di lapangan menjelang acara nanti sore", papar dia.
Mengenai bantuan pengamanan yang datang dari unsur ormas islam, Ridwan menyebut hal itu sudah menjadi rutinitas. "Bukan hal baru lagi bagi pihak kepolisian maupun gereja. Kami sangat terbuka akan hal tersebut," ujar dia.
Berdasarkan pantauan kumparan, persiapan dilakukan oleh polisi di sekitar Gereja. Barraduca nampak terparkir di halaman Masjid Istiqlal, tepat di seberang gereja. Sedangkan mobil gegana berada di sebelah pintu masuk gereja. Beberapa pos penjagaan juga telah didirikan di sejumlah titik.

Persiapan Natal 2016

Pengamanan di sekitar Katedral (Foto: Aprilandika Pratama/kumparan)
Para polisi juga terlihat sudah mulai berjaga di sekitaran lokasi, beberapa diantaranya nampak membawa senjata laras panjang dengan rompi anti peluru. Tim dari gegana juga sempat menyisir bagian dalam gereja untuk memastikan kondisi aman.

Pos Pengamanan Natal

Situasi pos pengamanan Operasi Lilin Jaya 2016 di gereja Katedral (Foto: Aprilandika Pratama/kumparan)
Tidak hanya kendaraan polisi, bus toilet pun sudah terparkir di dekat lokasi. Bus itu disediakan bagi para pengunjung gereja.

NewsNatalGerejaPolisi

500

Baca Lainnya