• 0

Polisi Buru Warga Tunisia Terkait Insiden Truk Maut Berlin

Polisi Buru Warga Tunisia Terkait Insiden Truk Maut Berlin



Terduga Memiliki Kaitan dengan Insiden Berlin

Seorang Tunisia dengan nama Anis Amri yang diduga memiliki kaitan dengan insiden Berlin. (Foto: Dokumentasi German Bundeskriminalamt (BKA) / Reuters)
Polisi Jerman sedang memburu seorang pencari suaka asal Tunisia yang diduga turut terlibat dalam insiden maut di Pasar Natal Berlin yang menewaskan 12 orang itu. Identitas pria tersebut ditemukan di bawah kursi pengemudi truk yang menabrak sejumlah orang pada insiden itu.
Dilansir Reuters, sumber menyebutkan identitas ditemukan atas nama Anis A. yang lahir tahun 1992 di Kota Tataouine, Tunisia sebelah selatan.
Kamis, (22/12), Menteri Dalam Negeri di Negara Bagian North Rhine-Westphalia, Ralf Jaeger, menyebut pria Tunisia itu tiba di Jerman pada bulan Juli 2015 dan tinggal di Berlin sejak Ferbuari. Menurut Ralf, pengajuan suaka Anis sempat ditolak.

Kondisi Truk yang Menabrak Kerumunan Warga di Pasar Natal, Berlin

Sebuah truk yang menabrak kerumunan warga di Pasar Natal, Berlin dijaga oleh beberapa petugas keamanan setempat (Foto: Fabrizio Bench/Reuters)
Anis diduga telah menggunakan nama lain dan teridentifikasi agensi keamanan pernah menjalin komunikasi dengan sebuah jaringan islam. Otoritas keamanan menyebut Anis sebagai orang dengan berpotensi menjadi ancaman sejak bulan November.
Anis seharusnya telah dideportasi setelah aplikasi pencarian suakanya ditolak. Namun dia urung dikembalikan ke Tunisia lantaran dokumennya hilang.
Pada insiden Berlin, setidaknya 12 orang menjadi korban meninggal usai ditabrak oleh truk di Pasal Natal Berlin, Senin (19/12). Truk tersebut menggilas kerumunan orang yang tengah berkumpul di pasar.

Insiden Berlin Insiden Truk BerlinInternasionalJerman

500

Baca Lainnya