• 2

Ruang Sidang Ahok Sudah Penuh, Didominasi Massa Berpakaian Putih

Ruang Sidang Ahok Sudah Penuh, Didominasi Massa Berpakaian Putih



Suasana Persidangan Ahok

Ruang sidang Ahok yang terpantau mulai padat. (Foto: Marcia Audita)
Ruang Kusuma Atmadja Pengadilan Negeri Jakarta Utara sudah dipenuhi pengunjung sidang Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Selasa (27/12). Sidang perkara dugaan penistaan agama kali ini beragendakan pembacaan putusan sela dari majelis hakim.
Berdasarkan pantauan kumparan, sekitar 110 orang sudah memenuhi ruang sidang. Bahkan sejak satu jam sebelum sidang yang dijadwalkan akan digelar pukul 09.00 WIB.
Pengunjung terdiri dari massa yang pro serta kontra terhadap Ahok. Kedua massa terlihat sudah memenuhi tempat duduk dan sebagian diantaranya berdiri.
Massa yang Ahok diantaranya dari ormas islam seperti FPI serta GNPF-MUI. Sebagian besar diantaranya terlihat memakai pakaian berwarna putih. Mereka nampak lebih banyak mengisi tempat duduk di bagian kanan ruangan sidang.
Meski berbeda pandangan dalam perkara ini, namun massa pro dan kontra yang dipisahkan tempat duduk itu tetap berlaku tertib.

Sidang Ketiga Ahok

Suasana sebelum dimulainya sidang ketiga Ahok (Foto: Marcia Audita/kumparan)
Tidak hanya pengunjung sidang, para jurnalis yang meliput sidang juga telah siap berada di ruang sidang. Polisi juga nampak siap berjaga di pintu masuk ruang sidang.
Saat ini, pihak pengacara Ahok telah hadir di ruang sidang. Ahok juga telah hadir di Pengadilan Negeri Jakarta Utara sejak pukul 08.00 WIB. Saat ini Ahok berada di ruang tunggu tamu.
Ahok didakwa telah melakukan penistaan agama berupa penghinaan terhadap Al-Qur'an serta ulama. Penghinaan itu terkait dengan pernyataan Ahok yang menyinggung soal surat Al-Maidah ayat 51.
Dia dijerat dengan Pasal 156a atau Pasal 156 KUHP. Ancaman pidana yang diatur dalam pasal itu maksimal 5 tahun penjara.

Sidang perdana Basuki T Purnama atau Ahok

Cagub DKI Basuki T Purnama (Ahok) menjalani sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaan di PN Jakarta Utara, Jalan Gadjah Mada, Jakpus. Ahok menjadi terdakwa di kasus penodaan agama. (Foto: pool/cnn indonesia/safir makki)
Usai pembacaan dakwaan pada persidangan sebelumnya, Ahok dan pengacaranya langsung mengajukan nota keberatan atau eksepsi. Pada nota keberatannya itu, Ahok membantah dakwaan jaksa yang menyebutnya melakukan penistaan agama.
Ahok dan pengacara meminta agar majelis hakim membatalkan surat dakwaan yang disusun oleh penuntut umum. Sementara pihak penuntut umum pada tanggapannya menyebut dakwaan sudah sesuai. Penuntut Umum meminta hakim melanjutkan perkara.
Hari ini, majelis hakim akan membacakan putusan atas keberatan yang diajukan oleh Ahok dan pengacaranya. Jika keberatan Ahok diterima, maka surat dakwaan bisa dinyatakan batal dan perlu disusun ulang. Namun apabila keberatan ditolak, maka sidang akan dilanjutkan ke tahap pembuktian dengan pemeriksaan saksi.

Breaking NewsHukumNewsSidang AhokAhok

500

Baca Lainnya