• 0

Sidang Ahok Tetap Digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Utara

Sidang Ahok Tetap Digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Utara



Basuki T Purnama (Ahok) jalani sidang perdana kasus penistaan agama

Cagub DKI Basuki T Purnama (Ahok) menjalani sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaan di PN Jakarta Utara, Jalan Gadjah Mada, Jakpus. Ahok menjadi terdakwa di kasus penodaan agama. (Foto: pool/cnn indonesia/safir makki)
Pengadilan Negeri Jakarta Utara memastikan persidangan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan tetap dilakukan di bekas kantor Pengadilan Negeri Jakarta Pusat di Jalan Gajah Mada. Lokasi sidang perkara dugaan penistaan agama sempat dikabarkan akan dipindahkan.

Gedung Pengadilan Negeri Jakarta Utara

Gedung Pengadilan Negeri Jakarta Utara tempat Ahok menjalani persidangan (Foto: Akbar Ramadhan)

Kepala Humas PN Jakarta Utara Hasoloan Sianturi menyebut sidang lanjutan akan digelar Selasa (20/12). "Betul, pukul 09.00 WIB," kata Hasoloan saat dihubungi kumparan, Senin (19/12).

Sidang beragendakan mendengarkan jawaban Penuntut Umum atas nota keberatan Ahok yang telah dibacakan pada persidangan sebelumnya. Pada pembelaannya, Ahok menampik melakukan penistaan agama sesuai yang didakwakan Jaksa kepadanya.

Basuki T Purnama atau Ahok jalani sidang perdana kasus penistaan agama

Ahok menangis saat menbacakan nota pembelaan di hadapan majelis hakim di sidang perdana kasus penistaan agama. (Foto: pool/cnn indonesia/safir makki)

Ahok didakwa telah menistakan agama terkait ucapannya yang menyinggung soal surat Al Maidah ayat 51 saat berdialog dengan warga Kepulauan Seribu. Calon Gubernur DKI Jakarta itu didakwa telah melanggar pasal 156 huruf a atau pasal 156 KUHP.

Usai pembacaan dakwaan, Ahok langsung membacakan nota keberatannya secara pribadi. Dia menampik dakwaan Jaksa yang menyebutnya telah melakukan penistaan agama.

Ahok jalani sidang perdana kasus penistaan agama

Suasana saat sidang perdana kasus penistaan agama dengan terdakwa Basuki T Purnama (Ahok) (Foto: pool/cnn indonesia/safir makki)

Sidang perdana Ahok saat itu mendapat perhatian sejumlah pihak yang ingin menyaksikan langsung jalannya persidangan. Namun banyak pengunjung yang tidak bisa masuk lantaran keterbatasan ruang sidang. Hal tersebut juga yang menjadi dasar pertimbangan Polda Metro Jaya merekomendasikan pemindahan lokasi sidang.

HukumNewsSidang AhokAhok

500

Baca Lainnya