• 0

KRI dr Soeharso Dikerahkan Cari 4 TNI yang Hilang di Kapal Filipina

KRI dr Soeharso Dikerahkan Cari 4 TNI yang Hilang di Kapal Filipina



Kapal TNI AL

Kapal TNI AL yang melakukan pencarian terhadap 4 perwiranya yang hilang di laut (Foto: Dok. TNI AL)
TNI AL masih melakukan pencarian terhadap 4 orang anggota TNI pada KRI Layang-635. Keberadaan keempatnya masih dicari sejak hilang kontak pada (14/12) lalu saat mengawal kapal ikan Filipina yang ditangkap. Jadi 4 anggota TNI itu masuk ke dalam kapal Filipina untuk melakukan pengawalan hingga ke pangkalan TNI AL.
Namun, saat ditengah perjalanan di sekitar perairan Kepulauan Talaud, cuaca buruk. Kapal ikan Filipina itu terpisah dari kapal TNI yang mengawal. Kini kapal itu dan 4 TNI didalamnya hilang.
Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut, Laksamana Pertama TNI Gig Sipulta, mengungkapkan bantuan tambahan akan dikerahkan untuk melakukan pencarian. Termasuk mengerahkan kapal Rumah Sakit KRI dr Soeharso yang nantinya digunakan sebagai Kapal Markas, ditambah 1 Helikopter Bell dan Helikopter BO-105.
"Rencana berangkat menuju Daerah Operasi pagi hari ini," kata Gig dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (24/12).
Selain di laut, pencarian juga dilakukan melalui jalur darat dengan menelusuri pulau-pulau di sekitar lokasi hilang. Pencarian itu melibatkan Pangkalan TNI AL Melonguane, Morotai, dan Posal Tobelo.
"Juga dengan bantuan dari Pemda dan masyarakat sekitarnya," ujar Gig.

Kapal TNI AL

Kapal yang mencari 4 TNI yang hilang di Laut (Foto: Dok. TNI AL)
Gig menambahkan operasi pencarian juga berkoordinasi dengan Naval Fleet East Mindanao (NFEM) Command. Bahkan, Angakatan Laut Filipina akan memberikan bantuan dengan menurunkan salah satu kapal perangnya, yakni BRP Magat Salamat (PS-20).

TNI ALNewsKapal Laut

500

Baca Lainnya