kumparan
10 Jul 2019 13:06 WIB

Mengenal HR Software dan Dampak Positifnya bagi Perusahaan

Photo Credit: Pixabay
Di dalam menjalankan bisnis, anda pastinya membutuhkan sistem manajemen yang baik agar urusan internal bisa berjalan dengan lancar tanpa perlu mengganggu kinerja perusahaan. Termasuk urusan ketenagakerjaan. Untuk urusan ini, di dalam perusahaan, yang mengurusnya adalah divisi Human Resource atau biasa disingkat HR.
ADVERTISEMENT
HR menjadi pintu masuk pertama ketika ada karyawan yang mau masuk dan pintu keluar terakhir ketika ada karyawan yang mau keluar. Dan tidak hanya itu saja tugas divisi ini, mereka juga mengurusi bagian absensi, gaji hingga benefit yang didapatkan oleh para karyawan yang sudah bekerja di sana.
Dengan banyaknya urusan internal yang harus diurus, kondisi ini membuat perlu ada bantuan khusus untuk divisi HR yaitu dengan HR software. Apa itu HR software? Dan apa saja dampak positif yang bisa dirasakan perusahana dari perangkat lunak ini? Berikut penjelasan lebih lengkapnya.
Definisi
Definisi dari HR software sendiri adalah sebuah perangkat lunak yang bisa memberikan banyak keuntungan untuk divisi HR itu sendiri. Ketika pada masanya, divisi HR harus membuat satu alur kerja dan cara kerja tersendiri agar mereka bisa mengurusi berbagai macam hal seperti absensi, gaji hingga benefit yang harus diberikan kepada karyawan.
ADVERTISEMENT
Di dalam HR software, anda bisa mendapatkan satu perangkat lunak yang bisa mengurus semua urusan itu dengan mudah karena sistem kerja yang ada di dalamnya sudah disesuaikan untuk mempermudah divisi HR.
Jadi, ketika dulu anda harus mengerjakan pekerjaan ini dengan jangka waktu yang lama, sekarang sudah tidak lagi karena semua dipermudah dan dipercepat oleh HR software.
Sebenarnya, HR software memiliki berbagai macam sistem manajemen yang terbagi menjadi lima yaitu:
HRIS (Human Resources Information Systems)
HRMS (Human Resources Management Systems)
HCM (Human Capital Management)
ATS (Applicant Tracking Systems)
Payroll Software
Kelima sistem manajemen ini biasanya bisa didapatkan di HR software walaupun terkadang tidak semua bisa memenuhi lima fitur di atas ini.
ADVERTISEMENT
Dampak Positif
Dengan segala kemudahan yang ditawarkan HR software, tentunya ada banyak dampak positif yang terasa seperti:
Membantu proses rekrutmen
Ketika anda ingin merekrut karyawan baru, tentunya ada banyak calon yang diseleksi dengan berkasnya masing-masing. Dengan HR software, data tersebut bisa diseleksi dengan baik sehingga perusahaan anda bisa mendapatkan karyawan yang tepat.
Data karyawan yang terpusat
Di dalam perusahaan, pastinya ada karyawan dengan jumlah yang cukup banyak. Untungnya HR software bisa menyimpan seluruh data tersebut di sistem mereka dan anda bisa mengakses data tersebut kapanpun anda mau.
Menekan biaya pengeluaran
Seperti yang ditulis di atas, divisi HR memiliki pekerjaan yang cukup rumit dan pada masanya membutuhkan jumlah karyawan yang cukup banyak agar pekerjaan itu bisa selesai dengan baik. Namun dengan kehadiran HR software, perusahaan tidak perlu lagi merekrut banyak karyawan HR karena pekerjaan di sana lebih ringan.
ADVERTISEMENT
Keamanan yang bagus
Dengan banyaknya data di dalam HR software, mungkin ada ketakutan kalau data tersebut bisa dibobol. Namun, tenang saja karena HR software memiliki kualitas keamanan yang bagus dan sulit dibobol karena dilengkapi kode akses juga.
Itulah penjelasan tentang HR software beserta dampak positifnya bagi perusahaan. Anda bisa mendapatkan solusi untuk web dengan layanan dari ISEKA Service yang kualitasnya sudah terbukti. Untuk info lebih lengkap bisa masuk ke website mereka di http://iseka.services/
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·