Pencarian populer

4 Pesohor dengan Gangguan Bipolar

Semua orang pernah mengalami perubahan suasana hati. Terkadang gembira, kadang sedih. Di satu waktu sangat bersemangat. Tapi di kesempatan lain, lesu dan mudah bosan. Bagi kebanyakan orang, perubahan suasana hati itu wajar, juga bisa ditanggulangi.

Ada yang menekuni hobinya, ada yang berkumpul dengan orang-orang terkasih, ada juga yang semakin fokus pada pekerjaannya. Namun tahukah kamu, bahwa ada orang-orang yang tidak mampu mengatasi hal tersebut? Mereka adalah orang-orang dengan gangguan bipolar.

Beberapa tahun belakang, Bipolar Disorder atau Gangguan Bipolar mulai dikenal masyarakat Indonesia. Terutama setelah seorang figur publik menyatakan secara blak-blakan perihal kondisi mentalnya itu. Mungkin karena pengetahuan masyarakat akan bipolar masih minim, figur itu kerap dihakimi yang tidak-tidak.

Gangguan bipolar sendiri adalah gangguan mental yang menyerang kondisi psikis seseorang. Lebih jelasnya, gangguan mood yang sangat ekstrem. Seperti kegembiraan yang sangat tinggi (maniac), kesedihan yang sangat mendalam (depresi) dan hypomanic, yaitu bentuk mania yang lebih ringan atau tidak terlalu ekstrem perubahan suasana hatinya, dan bisa terjadi secara tiba-tiba.

Temali merangkum 4 sosok pesohor dengan bipolar, baik dari Indonesia maupun dunia. Merekalah contoh nyata bahwa hidup dengan bipolar itu mungkin. Bipolar tak jadi penghalang untuk berkarya dan mendapatkan kesuksesan.

Siapa sajakah mereka?

Robin Williams

Foto: syfy.com

Aktor kawakan ini meninggal karena kasus bunuh diri beberapa tahun yang lalu. Bintang film yang terkenal lewat perannya di film Jumanji ini ternyata mengidap gangguan bipolar. Namun, prestasinya di dunia perfilman tidak bisa dipungkiri dan menjadikannya sebagai seorang legenda.

Demi Lovato

Foto: teenvogue.com

Artis sekaligus penyanyi dan penulis lagu ini pun ternyata seorang bipolar. Ia mengaku bangga menjadi seorang bipolar dan sempat menjalani rehabilitasi di tahun 2012. Kini, Demi Lovato sudah mampu menguasai gangguan jiwanya tersebut, dan tetap bisa berkarya dan berprestasi di dunia musik.

Britney Spears

Foto: foodandwine.com

Penyanyi legendaris ini dikenal dengan kecantikannya dan suara yang indah. Bersinar lewat lagu-lagunya yang sering bertengger di papan atas musik dunia, ternyata Britney juga diduga mengalami bipolar.

Sempat membuat geger netizen saat menggunduli kepalanya, perubahan tingkah laku Britney disimpulkan sebagai gejala bipolar.

Marshanda

Foto: rappler.com

Lalu dari dalam negeri, ada Marshanda, yang sudah terkenal sejak masa kecilnya. Sempat depresi dan dianggap gila, ternyata Marshanda mengalami gangguan bipolar.

Hal ini diketahui keluarga setelah mantan istri Ben Kasyavani ini mengunduh video curhatan yang viral di media sosial.

Dalam video tersebut, ia memperlihatkan perubahan suasana hati yang ekstrem, yang pada akhirnya diketahui ia mengidap gangguan bipolar. Namun, kini Marshanda berjuang bersama bipolar lainnya agar para penderita bipolar lainnya tetap semangat untuk sembuh.

[Penulis : Izzudin|Editor : Nadhira]

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23