kumparan
2 Juni 2019 12:06

5 Langkah Menemukan Passion

“Bagaimana ya, caranya gue bisa nemuin passion yang tepat? Kapan waktu yang tepat untuk bisa nemunin passion gue?"

ADVERTISEMENT
Mungkin pertanyaan-pertanyaan tersebut sering terbersit dalam benak teman-teman. Well, mari kita bahas dulu apa itu passion.
Passion adalah suatu hal yang bikin kamu semangat dan bergairah untuk melakukan sesuatu. Misalnya kamu suka main futsal, dan tiap ada jadwal main futsal, kamu bakal semangat banget pergi ke lapangan. Tapi, apa cukup sampai di situ? Tentu tidak.
Passion harusnya mampu memberi kebahagiaan dan/atau penghasilan untuk diri kita, tapi juga bermanfaat untuk orang lain. Nah, kira-kira, punyakah kamu passion yang semacam ini?
Jika belum, tenang saja. Hidup adalah perjalanan yang panjang. Bisa jadi dalam perjalanannya, kita akan menemukan lebih dari satu, atau dua passion yang berbeda. Nikmati saja prosesnya, dan ikuti langkah-langkah di bawah ini:
ADVERTISEMENT

Do Whatever You Do Now, But Get Better Everyday

basketball-2258650_960_720.jpg
Jika hari ini kamu belum menemukan sesuatu yang membuatmu sangat bersemangat dalam menjalankannya, jangan khawatir. Jalani saja hidupmu seperti biasa. Tetapi hal penting yang harus kamu ingat adalah, pilih satu kegiatan dan lakukan kegiatan tersebut dengan lebih baik dari sebelumnya. Dari hal-hal yang kecil, kamu akan belajar improvement alias perbaikan demi perbaikan. Tahu-tahu tanpa kamu sadari, kamu akan jadi ahli di bidang yang tak kamu sangka.

Learn New Things Everyday

thought-2123971_960_720.jpg
Ya, anything. Tidak harus sesuatu yang besar, karena perubahan selalu dimulai dari hal kecil. Misalnya, belajar satu kata baru dalam bahasa asing setiap hari. Lalu, lihat hasilnya selama sebulan ke depan.
ADVERTISEMENT

Expand Your Network

people-2557396_960_720.jpg
Buat kamu yang seneng main, jadikan hobi mainmu sebagai investasi. Caranya? Perluaslah lingkaran pertemananmu. Perbanyak bertemu dan berkenalan dengan orang-orang baru. Bahasa kerennya, networking, alias berjejaring. Dari networking, kamu akan banyak belajar hal baru dan mendapat info-info baru yang bermanfaat. Lintas bidang, juga lintas generasi.

Create Your Lifeplan

checklist-2077020_960_720.jpg
Sekarang, coba rencanakan hidupmu. Jangan sampai kamu hidup dengan prinsip ”ikut ke mana air mengalir aja.” Misalnya, rencanakan apa yang akan kamu lakukan dan apa yang akan kamu capai selama satu tahun ke depan. "Pecah" perencanaan itu menjadi to-do list yang akan kamu lakukan demi menggapai target.

Create Your Own Oppportunity, And Make Your Move

person-731280_960_720.jpg
It’s time for action! Jangan terlalu lama berencana. Tak perlu takut salah, karena orang yang lagi belajar pasti akan melakukan kesalahan. Hal yang lebih penting, gimana kita belajar dari kesalahan tersebut.
ADVERTISEMENT
Pada akhirnya, semua bukan soal apakah passion kamu ‘berkelas’ dan kapan bisa menemkannya. Tapi, bagaimana kamu bisa bahagia menjalankan hari-harimu. Just make sure you are learning new things everyday and you get better everyday!
[Penulis : Izzudin|Editor : Nadhira]
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan