kumparan
26 April 2019 12:58

5 Tips Siapkan Fisik jelang Puasa Ramadan

Sekitar sepuluh hari lagi, bulan Ramadan datang. Umat Islam di seluruh dunia bersiap menyambut bulan mulia ini. Di mana mereka akan beribadah puasa selama satu bulan penuh, serta menahan godaan untuk tidak makan dan minum sebelum waktu berbuka.
ADVERTISEMENT
Menghadapi perubahan pola makan, tentu kita harus melakukan persiapan fisik sedemikian rupa. Apalagi mengingat hukum ibadah puasa Ramadan itu wajib, kecuali orang-orang dengan kondisi tertentu.
Temali berbincang dengan Dokter Retno Wulandari tentang persiapan fisik menjelang bulan Ramadan pada Senin (22/4). Mau tahu apa saja? Simak 5 tips persiapan sebelum puasa Ramadan berikut ini.

Latih Diri untuk Berpuasa

Salah satu cara yang dalam mempersiapkan diri menjelang Ramadan adalah membiasakan untuk puasa, yaitu dengan puasa sunah. Dengan rutin berpuasa sunah, kekebalan dan kesehatan tubuh dapat meningkat.

Perhatikan Pola Makan

Ilustrasi Makan Foto: Ivanko80/Shutterstock
Usahakan lebih banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran, juga minum air putih secara rutin. Ini akan membantu menjaga stamina serta kebugaran tubuh.

Kurangi Makan Camilan

Pilih biskuit atau crackers khusus untuk camilan bayi Foto: Unsplash
Kebiasaan ngemil di bulan-bulan lain sebelum Ramadan juga perlu diperhatikan, setidaknya kurangi satu bulan menjelang Ramadan. Karena ternyata, kebiasaan makan camilan dapat memengaruhi mood, terutama jika kebiasaan itu dihentikan tiba-tiba.
ADVERTISEMENT
Contohnya, orang yang terbiasa makan cokelat ketika suntuk akan merasa kehilangan karena tak ada asupan manisan yang merangsang hormon dopamine di otak.

Jangan Begadang

Ilustrasi begadang. Foto: Pixabay
Jika di bulan-bulan lain biasanya kita bekerja hingga lewat tengah malam, pastikan kebiasaan itu dihentikan terlebih dahulu. Karena jika tidak, akan terbawa terus sampai Ramadan. Tentunya itu tidak sehat untuk tubuh. Apalagi kita harus bangun cepat untuk sahur, yang berakibat tubuh kurang istirahat dan stamina mudah turun. Jadi, biasakan tidur di awal waktu dan bangun lebih pagi.

Biasakan Olahraga

Ilustrasi olahraga plank. Foto: Shutterstock
Berolahraga juga bisa membantu untuk mempersiapkan fisik sebelum puasa Ramadan. Di bulan Ramadan, intensitas olahraga kita akan berkurang karena fokus beribadah. Lebih baik dari sekarang mulai rutinkan berolahraga.
ADVERTISEMENT
Penulis: Izzudin Editor: Nadhira
--
Konten ini bermitra dengan Eduplex Indonesia, co-working space.
Untuk info co-working, virtual office, dan sewa space kantor dengan suasana cozy di pusat kota Bandung, hubungi Mia (085721285233) atau email ke info@eduplex.id.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan