Food & Travel
·
3 Agustus 2019 10:27

6 Kuliner Primadona dari Jawa Barat yang Bisa Dijadikan Oleh-oleh

Konten ini diproduksi oleh Temali
6 Kuliner Primadona dari Jawa Barat yang Bisa Dijadikan Oleh-oleh (191419)
Es Goyobod, kuliner khas Bandung-Garut (Foto: Tristia R/Temali)
Selain keindahan alamnya, Jawa Barat juga terkenal dengan surga kulinernya. Setiap daerah memiliki keunikan makanan khasnya masing-masing, begitu juga dengan oleh-olehnya.
ADVERTISEMENT
Buat kamu yang akan liburan ke daerah Jawa Barat, kami akan merekomendasikan oleh-oleh khas daerah yang bisa dijadikan pilihan sebagai buah tangan.
Yuk, simak ulasannya di bawah ini
  1. Oleh-oleh Tape Ketan-Kuningan
Ciremai terkenal dengan oleh-oleh tape ketannya. Oleh-oleh dari kota yang berada di kaki gunung tertinggi di Jawa Barat ini dijual dalam ember kecil. Hal ini tentu saja menjadi daya tarik dan keunikannya sendiri sehingga sangat cocok dijadikan buah tangan.
Dalam satu ember biasanya berisi sekitar 100 bungkus tape ketan. Pemakaian ember sendiri ditujukan untuk menampung air yang dihasilkan dari proses fermentasi tape. Saat beli, pastikan kamu mengecek tanggal kedaluwarsa tape ketan, ya! Camilan ini hanya bertahan sekitar 3 hari setelah diproduksi.
ADVERTISEMENT
  1. Kerupuk Melarat-Cirebon
Ke Cirebon, pulangnya jangan lupa beli kerupuk melarat. Eits, meski namanya melarat tapi rasanya tetap enak. Usut punya usut kenapa nama kerupuk melarat disematkan karena proses gorengnya tidak dengan minyak seperti biasanya. Melainkan menggunakan pasir dengan cara disangrai. Tetapi tenang, tetap aman buat di makan kok!
  1. Jalakotek-Majalengka
Mungkin masih jarang ada yang mengetahui makanan khas yang bisa dijadikan oleh-oleh dari Majalengka. Tetapi hal itu bukan berarti tidak ada, lho.
Jalakotek adalah camilan khas Majalengka yang cocok kamu jadikan oleh-oleh. Berbahan dasar aci dan tahu yang sudah dibumbui, makanan ini mirip dengan kue pastel. Akan lebih nikmat jika disantap dalam keadaan hangat, ditemani dengan minuman es teh manis.
ADVERTISEMENT
  1. Dodol-Garut
Sebenarnya banyak oleh-oleh khas Garut yang menarik, namun di antaranya yang paling ikonik dan terkenal adalah dodolnya. Di seluruh penjuru Garut kamu bisa menemukan berbagai macam jenis dan merek dodol. Soal rasa tak perlu ditanya, karena mungkin sebagian besar orang Garut jago bikin dodol.
  1. Keripik Tike-Indramayu
Coba apa saja oleh-oleh khas Indramayu yang kamu tahu? Biasanya yang paling terkenal buah mangganya. Namun ternyata banyak lho oleh-oleh khas Indramayu yang menggoyang lidah dan bisa kamu jadikan pilihan untuk buat tangan. Ada keripik tike, dodol laragudig, kerupuk bongol pisang, terasi Indramayu, dan lain-lain. Dari oleh-oleh Indramayu tersebut, mana saja yang sudah kamu coba?
  1. Pisang Bolen-Bandung
Daerah yang satu ini terkenal dengan surga wisata kulinernya. Banyak orang dari berbagai wilayah Indonesia yang rela datang ke Bandung hanya untuk kulineran. Sayang banget dong kalo kamu ke Bandung tetapi enggak bawa oleh-oleh buat keluarga atau teman. Ada pisang bolen, surabi, peuyeum, oncom raos, dan masih banyak oleh-oleh makanan khas Bandung lainnya yang bisa kamu jadikan pilihan buah tangan.
ADVERTISEMENT
Enak-enak semua ya oleh-olehnya? Yuk kita lestarikan makanan khas masing-maisng daerah di Indonesia, dengan cara mengkonsumsi dan mempromosikannya. Selamat menikmati!
[Penulis: Izzudin | Editor: Tristi]