Pencarian populer

Anti-mainstream! Fakta di Balik Remote Working

Paradigma "Cari uang itu susah," mungkin sudah tidak berlaku lagi di zaman sekarang. Khususnya bagi para anak muda millennial yang kreatif. Tengok saja tren bekerja sebagai freelancer yang makin diminati saat ini, di mana kamu bisa bekerja di mana saja dan kapan saja dengan gaji yang kamu inginkan.
ADVERTISEMENT
Selain itu, sudah banyak pula perusahaan yang memberikan izin pegawainya untuk remote working, atau bekerja kapan dan di mana saja dengan beban tugas yang harus diselesaikan. Tentu hal ini mengundang pro kontra bagi sebagian orang karena mendobrak budaya lama yaitu bekerja di kantor dengan jadwal yang tertata dengan rapi.
Namun, dengan kemajuan teknologi di era digital, bagi siapa saja yang memiliki skill yang dibutuhkan -apalagi dengan keahlian di bidang spesifik, tentu berangkat pagi pulang sore, dan bekerja di bawah pengawasan bos langsung tak lagi menjadi satu-satunya pilihan.
Remote working tentunya membutuhkan beberapa keahlian dan pertimbangan khusus yang berkaitan dengan dirimu langsung. Kalau kamu ingin mencobanya kamu harus membaca artikel ini.
ADVERTISEMENT

Kalau kamu Remote Worker, kamu tidak perlu pergi ke kantor

Bekerja jarak jauh tidak berarti bahwa kamu harus selalu bekerja dari jarak jauh. Pekerjaan jarak jauh adalah tentang kebebasan untuk memilih kapan dan di mana harus bekerja. Ini bisa berarti bekerja sebagian besar waktu dari kantor dan kadang-kadang dari rumah. Tapi itu juga bisa berarti bekerja sebagian besar waktu dari luar kantor. Tidak masalah pengaturannya, tapi kamu harus tetap terhubung dengan tim kerjamu.

Lebih efisien ketika bekerja sendiri karena tidak perlu terus bersinggungan dengan orang lain

Ada perbedaan besar dalam bekerja remote dan bekerja di kantor seruangan dengan semua rekan kerja. Ketika menjadi jauh, kita sering percaya bahwa ada lebih sedikit kebisingan dan komunikasi yang diperlukan, sehingga hasilnya lebih efektif. Namun, justru kamu akan memerlukan lebih banyak komunikasi supaya memastikan tidak ada miscommunication. Sehingga otomatis kamu akan lebih banyak berkomunikasi.
ADVERTISEMENT
Positifnya adalah kamu bisa memilih, kapan kamu membaca chat, kapan kamu mengangkat telepon dan sebagainya. Tidak lagi berisik atau mengganggu yang harus kamu kerjakan segera. Memang ini sulit dan membutuhkan latihan. Tetapi begitu kamu berkomitmen untuk memprioritaskan komunikasi dengan tim, kamu akan melihat bahwa disrupsi tersebut berguna untuk kelancaran pekerjaanmu.

Tetap bekerja dengan cara yang sama, hanya dari tempat yang berbeda

Sebenarnya tidak ada yang berubah dari cara kerja dan beban pekerjaanmu, hanya kebebasan dari segi waktu dan tempat saja. sehingga kamu harus memiliki disiplin diri yang tinggi. Poin yang tak kalah penting apabila kamu bekerja remote secara tim adalah komunikasi, jangan sampai rekan tim mu harus membuang waktu dengan menunggu lama hanya karena kamu tidak kunjung membalas pesan sederhananya yang sebenarnya krusial untuk terselesaikannya tugas.
ADVERTISEMENT
[Penulis : Izzudin|Editor : Nadhira]
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80