kumparan
17 Sep 2019 19:39 WIB

Apa Gagal Terus Tanda Kalau Kita Salah Jalan? Bagaimana dengan Edison?

Foto: unsplashh.com
Apa yang harus dilakukan saat kita tahu bahwa kita "salah jalan"? Apakah kegagalan yang didapat merupakan salah satu indikator bahwa kita sedang salah jalan?
ADVERTISEMENT
Lalu bagaimana dengan mereka yg berhasil mencapai tujuan setelah melalui puluhan, ratusan bahkan ribuan kali kegagalan? Seperti Thomas Alfa Edison, kolonel Sander KFC dan lainnya.
Kedua kasus di atas (Kolonel Sanders dan Thomas Edison) selalu digunakan oleh kubu Nurture yang meyakini bahwa kerja keras dan pantang menyerah adalah satu satunya faktor sukses dan terbukti merupakan jawaban dari kebanyakan orang sukses apabila ditanya kiat suksesnya.
Apabila kita percaya bahwa everything happens for a reason maka kita juga percaya bahwa keberadaan kita itu ada alasannya.
Nah alasan keberadaan kita inilah yang yang disebut sebagai tugas.
Berarti alasan keberadaan kita di bumi ini menandakan bahwa kita punya tugas atau misi. Sering juga disebut calling, panggilan, purpose dan lain sebagainya. Keberhasilan menjalankan tugas hidup inilah yang dinamakan sukses
ADVERTISEMENT
Foto: pexels.com
Masalahnya kita tidak tahu bahkan seringnya tidak mau tahu tugas hidup kita. Karena kalaupun ingin tahu, ternyata sangat sulit menemukan misi hidup kita masing-masing. Walaupun sebenarnya Allah memberikan tanda-tanda tersebut.
Bahkan beberapa orang baru tahu setelah berada di penghujung hidupnya. Itu sebabnya Steve Jobs bilang connecting the dots karena sepanjang hidup kita sebenarnya Allah sering memberikan tanda-tanda yang menunjukkan arah hidup kita yang sebenarnya.
Video tentang Golden Circle terkaitnya pentingnya Why (dari Simon Sinek) Mengapa mereka membuat kapal terbang dan untuk itu kita perlu menggali cerita sejarah kehidupan mereka.
Foto: unsplash.com

Benang Merah dari ketiga tokoh sukses tersebut

Memang ketiganya sangat gigih; tidak sabar bertindak dan sejak kecil sudah ada tanda-tanda potensi nya tetapi ada perbedaan sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
Sanders punya potensi memasak akan tetapi awalnya salah jalan karena memilih berbagai karir yang tidak sesuai sampai akhirnya kembali ke jalan yg benar.
Thomas Edison sejak kecil sudah terlihat potensi perekayasa nya sehingga banyak temuan nya. Lalu yang membuat dia tergerak membuat lampu adalah ketika pengobatan ibunya tertunda karena sudah malam dan gelap sehingga muncul obsesi untuk menerangi dunia
Sama seperti Wright bersaudara yang (potensi perekayasa) sudah terlihat sejak kecil dan tergerak membuat pesawat terbang ketika dapat hadiah mainan yg bisa terbang sehingga menjadi obsesi untuk mempermudah transportasi manusia
Dari ketiga contoh ini cara sukses ( kerja keras pantang menyerah) memang sangat penting akan tetapi jalan sukses (potensi kekuatan) ternyata tidak kalah penting nya.
ADVERTISEMENT
Dan tanda tanda potensi kekuatan tersebut sudah Allah berikan sejak awal ke kehidupan kita.

Itu sebabnya manusia harus Iqra membaca tanda-tanda tersebut.

[Disadur dari pemikiran Abah Rama Royani | Editor: Nurul]
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan